post image
Edhy Prabowo saat mengikuti prosesi Wisuda Gelombang III dan IV Tahun Akademik 2019/2020 (Foto: Arif Maulana/Unpad)
KOMENTAR

Universitas Padjadjaran (Unpad) baru saja melaksanakan wisuda secara daring dan luring pada Rabu, 5 Agustus 2020. Salah satu peserta Wisuda Gelombang III dan IV Tahun Akademik 2019/2020 adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Edhy Prabowo. Adapun wisuda luring di laksanakan di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung.

Pada momen perayaan kelulusan tersebut, Edhy Prabowo menyampaikan perasaan bangganya. “Alhamdulillah. Menjadi salah seorang wisudawan pada Wisuda Gelombang III dan IV Unpad adalah sesuatu yang sangat membanggakan,” ucap Edhy Prabowo saat menyampaikan sambutan, dikutip dari laman resmi Unpad, Kamis (6/8).

Edhy Prabowo melanjutkan, perasaan bangganya ini akan dihadapkan pada tanggung jawab yang semakin besar. Tanggung jawab tersebut adalah mengamalkan ilmu yang diperolehnya selama studi untuk menyelesaikan masalah-masalah di tengah masyarakat.

Edhy Prabowo berkomitmen untuk selalu mengedepankan ilmu pengetahuan dalam pengambilan keputusan sebagai pejabat publik. Edhy pun harus terbuka dengan saran dari berbagai pihak.

“Terpenting bagaimana kami dapat menyelesaikan masalah tanpa kegaduhan sebagai pepatah Sunda mengatakan, caina herang, laukna beunang” ujar Edhy.

Tak hanya itu, Edhy Prabowo pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Unpad yang telah berperan dalam pencapaiannya ini. “Terima kasih telah menjadikan kami tidak hanya pintar tetapi juga menjadi seorang pribadi yang integritas,” ujar Edhy Prabowo.

Edhy Prabowo mengikuti gelaran wisuda ini sebagai Doktor dari program studi Doktor Ilmu Komunikasi Unpad. Sebagai tugas akhir sebelum meraih gelar Doktor, Edhy telah mempresentasikan disertasinya yang berjudul Komunikasi Persuasif Calon Legislatif dalam Kampanye Politik: Studi Kasus pada Pemilihan Caleg 2014-2019 Dapil I Sumatera Selatan dalam sidang terbuka yang di gelar Graha Sanusi Hardjadinata.

Selain menggelar wisuda luring, pada saat yang bersamaan Unpad pun menggelar wisuda daring. Meski tidak sepenuhnya digelar dengan tatap muka, tidak sedikit mahasiswa Unpad yang antusias mengikuti prosesi wisuda daring tersebut. Adapun wisuda daring ini merupakan kali pertama dilaksanakan Unpad karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum memungkinkan untuk menggelar acara dengan melibatkan banyak orang.

Prosesi wisuda ini dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Padjadjaran, Profesor Rina Indiastuti. Dalam pidatonya, Prof. Rina mengatakan wisuda kali ini digelar dengan konsep yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena harus menerapkan protokol kesehatan pandemi Covid-19. Jumlah wisudawan yang mengikuti wisuda kombinasi ini adalah 2.702 mahasiswa dari lulusan program Sarjana, Magister, Spesialis, Profesi, Sarjana Terapan, dan Doktor.

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus