post image
Universitas Padjadjaran. /Unpad
KOMENTAR

Universitas Padjadjaran (Unpad) telah menerima sebanyak 2.154 calon mahasiswa melalui jalur mandiri. Pengumuman kelulusan seleksi jalur mandiri Unpad mulai bisa diakses sejak Minggu, 23 Agustus 2020, pukul 13.00 WIB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Aries Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan bahwa para calon mahasiswa yang lolos dinilai dari hasil UTBK dan hasil ujian daring yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Kurang lebih sama karena nilainya diperhitungkan dua-duanya,” ujar Prof. Arief, dikutip dari laman resmi Unpad.

Setelah dinyatakan lulus jalur mandiri, para calon mahasiswa diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dulu dan melengkapi biodata pribadi di students.unpad.ac.id. Registrasi tersebut mulai bisa dilakukan sejak Senin, 24 Agustus 2020.

Proses registrasi dan melengkapi biodata bagi calon mahasiswa baru bisa dilakukan hingga Rabu, 26 Agustus 2020. Pasalnya, prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2020/2021 akan dilaksanakan pada 27-29 Agustus 2020.

Sementara itu, masa perkuliahan tahun akademik 2020/2021 akan dimulai pada tanggal 31 Agustus 2020 mendatang. Oleh sebab itu, para calon mahasiswa baru diharapkan untuk segera melakukan registrasi.

Prof Arief menegaskan bahwa proses registrasi dilakukan secara daring sehingga mahasiswa baru tidak perlu datang ke Unpad. Selain itu, Unpad pun tidak menyediakan layanan registrasi luring.

Saat mengisi biodata pribadi, perlu diperhatikan setiap dokumen yang menjadi syarat lampiran. Berdasarkan data registrasi SNMPTN dan SBMPTN, Unpad banyak menemukan kesalahan pengunggahan data dan dokumen yang tidak sesuai.

Ketidaksesuaian pelampiran dokumen dikhawatirkan akan menghambat proses registrasi administrasi, sedangkan prosesi penerimaan mahasiswa baru dan pelaksanaan tahun ajaran baru akan segera dilaksanakan.

Ketentuan registrasi secara daring bisa dilihat secara detail di laman resmi Unpad. Selain memuat syarat dokumen yang harus dilampirkan, informasi tersebut juga menerangkan tata cara registrasi bagi calon mahasiswa baru.

Sementara itu, pembayaran UKT dilakukan langsung ke rekening resmi milik Unpad melalui sejumlah bank yang ditetapkan oleh Unpad. Dengan demikian, seharusnya tidak ada tagihan lain atau pembayaran di luar rekening resmi Unpad.

Bagi calon mahasiswa baru yang merasa kesulitan saat melakukan registrasi, bisa menghubungi pihak Unpad untuk mendapatkan bantuan. Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi, mengatakan bahwa Unpad berupaya memfasilitasi semua calon mahasiswa dalam berbagai kondisi.

“Segala kesukaran dalam memenuhi proses pendaftaran silakan dikomunikasikan sebelum tanggal 8 September. Unpad akan memberikan solusi seoptimal mungkin.” ujar Dandi.

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Ikut Kompetisi IMCC Jessup, Tim Mahasiswa Fakultas Hukum Raih Penghargaan Bergengsi

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus