post image
Logo Dies Natalis ke-63 Universitas Padjadjaran. /Unpad
KOMENTAR

Universitas Padjadjaran sedang menyiapkan acara berskala nasional dan internasional yang akan digelar dalam waktu dekat. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Dies Natalis Unpad ke-63 pada Jumat, 11 September 2020.

Dikutip dari situs resmi Unpad, tema peringatan Dies Natalis Unpad tahun ini adalah “63 Tahun Unpad, Bermanfaat dan Mendunia”.

Rencananya, rangkaian acara Dies Natalis ini akan mulai digelar pada 1 Agustus hingga 11 September mendatang.

Beragam kegiatan tersebut antara lain Webinar Series (18 Agustus-9 September), Unpad Bersyukur (10 September), Orasi Ilmiah Puncak Peringatan Dies Natalis ke-63 Unpad (11 September), Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (27-29 Agustus), dan International Day (1-22 Agustus).

Acara Webinar Series merupakan implementasi Program Sapta Karsa (7S) Unpad sesuai dengan Rencana Strategis Unpad 2020-2024. Ada empat kelompok tema yang diskusi pada acara tersebut yaitu publikasi dan inovasi, internasionalisasi, mahasiswa dan alumni, dan sumber daya manusia.

Selanjutnya ada acara bertajuk “Unpad Bersyukur”yang merefleksikan perjalanan Unpad selama 63 tahun secara spiritual.

Tujuan acara ini diselenggarakan ialah untuk mensyukuri apapun yang telah Unpad raih selama ini, ruang kontemplasi untuk masa depan Unpad, serta ajang silaturahmi bagi seluruh keluarga besar Unpad.

Masih dalam kondisi pandemi Covid-19, acara Unpad Bersyukur tahun ini diadakan dengan dua metode yakni secara daring dan luring. Sebagian peserta akan hadir secara fisik di lokasi acara, sedangkan sebagian lainnya bisa menghadiri acara melalui live streaming.

Rencananya, Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, M.A. akan bertindak sebagai pengisi tausiah secara virtual pada acara tersebut.

Puncak peringatan Dies Natalis Unpad akan diisi dengan acara Orasi Ilmiah. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Orasi Ilmiah tahun ini juga diselenggarakan dengan dua metode yakni daring dan luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara luring yang diselenggarakan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, hanya dihadiri oleh pengurus universitas dan undangan langsung. Sementara warga Unpad lainnyabisa hadir di acara tersebut secara virtual.

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti menyatakan, selama 63 tahun ini Unpad telah menghasilkan banyak inovasi dan prestasi di bidang ilmu pengetahuan. Bukan hanya di lingkup nasional, kiprah Unpad pun telah terasa ke mancanegara.

“Sudah saatnya Unpad meningkatkan kemanfaatan dan kehadirannya di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi kemaslahatan umat di seluruh dunia,” ujar Rektor Unpad.

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus