post image
Wisuda Universitas Padjadjaran (Foto: Website Unpad)
KOMENTAR

Beberapa universitas telah memutuskan untuk menggelar wisuda secara online karena pandemi Covid-19 yang juga belum mereda. Kini Universitas Padjadjaran pun berencana menggelar wisuda online, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Komunikasi Publik Universitas Padjadjaran, Dandi Supriadi.

Dandi mengatakan, kondisi pandemi saat ini belum memungkinkan Unpad untuk menggelar kembali seremoni kelulusan seperti tahun-tahun sebelumnya. Mengumpulkan massa dalam jumlah yang besar dan menggelar acara di ruang tertutup untuk durasi yang cukup lama masih sangat rentan menularkan infeksi virus corona.

“Jadi kondisinya begini, Unpad memang mengarah ke wisuda daring karena menghindari kerumunan massal di satu tempat. Kondisi pandemi yang belum sepenuhnya aman tidak memungkinkan ada acara seremonial yang melibatkan banyak orang di Unpad, setidaknya sampai akhir tahun,” ungkap Dandi melalui pesan singkat, dikutip dari Kumparan, Sabtu, 26 Juni 2020.

Meski mengakui adanya rencana wisuda daring di Unpad, Dandi menegaskan bahwa rencana ini belum final. Dandi mengungkap opsi lain untuk gelaran seremonial ini, yakni wisuda hibrid dengan cara mengumpulkan sebagian perwakilan wisudawan untuk hadir di kampus. Opsi ini pun sangat dipertimbangkan karena khawatir memunculkan rasa tidak adil di antara para mahasiswa.

Sebelumnya, pihak kampus telah berkoordinasi dengan BEM Unpad dan terdapat mahasiswa yang ingin melaksanakan wisuda secara fisik. Oleh sebab itu, Unpad masih berupaya mencari solusi aman. Sejauh ini, kemungkinan wisuda akan digelar secara online namun akan dikemas dengan kreatif dan disesuaikan dengan aspirasi mahasiswa.

“Namun, sampai kemarin belum ada yang dapat diputuskan mengenai hal ini karena BEM masih akan memikirkannya terlebih dahulu,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Dandi menyebut pihak rektorat sejauh ini cenderung untuk menggelar wisuda secara online demi menjaga keselamatan bersama, “Memang Unpad, dalam hal ini rektorat, cenderung melaksanakannya secara daring demi keamanan.”

Sebelum Unpad, beberapa universitas lain di Indonesia telah menggelar wisuda online, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Udayana (Unud), Universitas Lampung (Unila), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan lain-lain.

Sementara itu, beberapa universitas lain masih belum memberikan kepastian mengenai gelaran wisuda di tahun ini. Terkait hal ini, Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), Ubaid Matraji, mengatakan seharusnya kampus segera memberikan kepastian mengenai wisuda.

“Lulus itu hak mahasiswa. Apalagi wisuda bisa dilakukan dengan berbagai cara tanpa harus ditunda-tunda bahkan dibatalkan.” ujar Ubaid, dikutip dari Tirto.id, Sabtu, 27 Juni 2020.

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus