post image
Unpad gelar wisuda laring dan daring (Foto: Unpad)
KOMENTAR

Universitas Padjadjaran (Unpad) telah melaksanakan Wisuda Gelombang III dan IV Tahun Akademik 2019/2020 pada Rabu, 5 Agustus 2020. Melaksanakan protokol kesehatan pandemi Covid-19, Unpad memilih melaksanakan wisuda secara luring dan daring. Prosesi wisuda yang dilaksanakan secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya tentu memberikan kesan yang juga berbeda. Mengenai hal ini, Dosen Fakultas Psikologi Unpad, Dhini Andriani, mengajak para wisudawan untuk selalu bahagia dan bersyukur.

“Untuk tetap bahagia adalah dengan selalu bersyukur,” ujar Dhini, dilansir dari laman resmi Unpad, Kamis (6/8).

Dhini mengungkapkan, para wisudawan tahun ini akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Dari hal tersebut, banyak yang bisa disyukuri, mulai dari proses perkuliahan, proses pengerjaan tugas akhir, sidang akhir, hingga momen wisuda.
“Prosesi wisuda baik yang memiliki kesempatan luring ataupun daring merupakan hal yang patut disyukuri karena meskipun terbatas, ini merupakan perayaan keberhasilan Anda lulus dari perguruan tinggi,” ungkap Dhini.

Untuk mensyukuri hal-hal tersebut, Dhini mengajak untuk selalu menumbuhkan perasaan bangga dan menghargai keberhasilan atau pencapaian diri sendiri. Bagi Dhini, mengapresiasi diri bisa dilakukan dengan cara menikmati proses persiapan wisuda.

“Anda juga dapat memberikan hadiah kecil dalam bentuk tulisan mengenai keberhasilan diri merupakan penghargaan kepada diri sekaligus memperkuat hal-hal positif pada diri Anda,” tuturnya.

Menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berperan dalam pencapaian mahasiswa dalam merampungkan studi juga salah satu upaya bersyukur. Hal ini tidak hanya akan membuat mahasiswa menikmati momen wisuda tetapi juga membahagiakan orang lain.

Bagi Dhini, pelaksanaan wisuda secara daring seharusnya bisa dinikmati sebagaimana wisuda di tahun-tahun sebelumnya. Wisudawan bisa merencanakan perayaan bersama keluarga di rumah. Selain itu, tetap berkomunikasi bersama teman-teman di hari wisuda pun akan menambah kesan di momen selebrasi tersebut. Dengan demikian, meski tidak bertatap muka secara langsung, wisudawan tetap bisa merasakan kehadiran dan dukungan dari teman-teman.

Sebagai tambahan, Dhini pun membagikan tips untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19. Dhini menyarankan untuk melakukan kegiatan rutin, seperti berolahraga, mengerjakan pekerjaan rumah, melakukan hobi, dan lain-lain. Selain itu, gaya hidup yang sehat dan bijak dalam menggunakan media sosial pun penting untuk menjaga kesehatan mental. Komunikasi dengan orang-orang terdekat yang masih belum bisa ditemui pun harus terus dilakukan.

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus