post image
Raditya Dika (sumber foto: WowKeren)
KOMENTAR

Problem finansial merupakan masalah yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan, utang, gaya hidup yang boros, dan sebagainya adalah perilaku yang tidak sehat terhadap uang. Acap kali uang yang kita miliki cepat habis tanpa kita sadari. Kebiasaan personal terhadap keuangan yang tidak sehat dapat membuat orang tersebut tidak bahagia.

Raditya Dika, seorang komedian kawakan, memiliki tips mengatur keuangan agar memilki finansial yang sehat. Radit memberikan beberapa tips berdasarkan teori dan pengalamannya mengatur keuangan. Berikut tips-tips mengatur keuangan ala Raditya Dika.

Balancing

Radit menekankan bahwa uang keluar harus lebih sedikit ketimbang uang keluar. Ada dua metode yang dapat dilakukan, yakni menekan pengeluaran atau meningkatkan penghasilan. Bagi Radit, gaji tidak sama dengan penghasilan. Agar seseorang memiliki finansial yang sehat, Radit menyarankan seseorang untuk meningkatkan penghasilan semisal berjualan online.

Penghasilan yang meningkat tidak berarti pengeluaran harus meningkat. Pengeluaran yang meningkat, apalagi didasari tuntutan sosial, dapat menjadi sumber problem finansial yang tidak sehat.

Membeli untuk Diri Sendiri

Tips pertama mengatur keuangan adalah membeli barang sesuai kebutuhan dan untuk diri sendiri. Radit menganggap bahwa kegiatan membeli barang yang didasari oleh keinginan, apalagi sebab tuntutan kelompok sosial, dapat membuat seseorang tidak bahagia dan tidak mampu mengatur finansial dengan sehat.

Radit juga menyarankan untuk membeli barang berdasarkan nilai pakai ketimbang nilai jual. Bagi Radit, barang yang lebih tahan lama lebih baik dibeli walaupun harganya cukup lama, ketimbang membeli barang yang tidak tahan lama dan berharga murah.

Investasi

Radit menyatakan bahwa investasi diperlukan agar memiliki keuangan pribadi yang sehat. Radit menyarankan untuk mempelajari instrumen-instrumen investasi dan hubungannya dengan tujuan finansial. Tujuan finansial tertentu memiliki kebutuhan instrumen investasi yang berbeda.

Jika tujuan finansialnya jangka pendek, semisal membeli motor, maka instrumen investasi yang tepat adalah reksa dana dan deposito. Dengan hitungan matematis, uang investasi dapat bertumbuh lebih banyak dalam jangka waktu tertentu.

Tidak Ngutang dan Ngutangin

Radit menenkankan bahwa dirinya memiliki finansial yang sehat adalah sebab prinsip pribadinya, tidak ngutang dan ngutangin. Berutang dan mengutangi bagi Radit adalah sumber segala problem finansial pribadi yang tidak sehat. Radit lebih menyarankan untuk menunda pembelian barang ketimbang berutang atau membeli barang yang memiliki harga lebih murah. Apabila terpaksa mengutang, Radit menyarankan untuk mengutang rumah atau aset yang nilainya bertambah. Selain itu, mengutangi orang bagi Radit adalah sumber kerusakan hubungan pertemanan.

Bayar Sesuatu Cash

Bagi Radit, membeli atau membayar sesuatu terasa lebih nyesek bila dibayar tunai ketimbang dibayar menggunakan kredit atau debit. Radit menyarankan hal ini agar kita lebih mengurangi biaya belanja yang tidak terlalu penting.

Cari Pasangan yang Sehat Finansial

Pasangan yang boros dan tidak sehat finansial pribadinya dapat menyebabkan seseorang dengan finansial pribadi yang sehat mengalami problem finansial. Perilaku pasangan yang tidak sehat terhadap uang ini bila dibawa ke jenjang pernikahan akan menjadi sumber masalah bagi hubungan pernikahan. Banyak perceraian terjadi karena problem finansial.

Bayar Pajak dan Donasi

Seseorang dengan finansial yang sehat, bagi Radit, dapat diukur dari prilaku sehat membayar pajak. Hal ini menunjukan bahwa kita taat sebagai warga negara dan bijak dalam finansial. 

Selain itu, Radit menyarankan donasi sebagai tolak ukur finansial yang sehat. Dengan donasi, seseorang dapat memperoleh kebahagian sekaligus dapat membantu orang lain yang membutuhkan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup