post image
KOMENTAR

Selain sebagai material penutup lantai, keramik juga bisa menjadi tolak ukur nilai estetika sebuah ruangan. Banyak orang memanfaatkan keramik lantai untuk menunjang kesan dekoratif di dalam rumahnya. Hal ini didukung oleh motif keramik lantai yang beragam, dimulai dari lantai keramik yang polos hingga lantai keramik bercorak.

Namun tentu saja, kamu juga harus bisa memilih motif keramik yang cocok berdasarkan tiap ruangan rumah. Berikut beberapa tips memilih lantai keramik untuk berbagai ruangan rumah.

Ruang Tamu atau Ruang Keluarga

Keramik untuk melapisi lantai ruang tamu atau ruang keluarga umumnya keramik berglazur dengan finishing mengkilat atau satin yang tidak mudah kotor dan tahan gores.

Selain itu, keramik jenis ini pun mudah dibersihkan sehingga kesan bersih dan elegan yang ditampilkan cocok untuk mengisi ruang tamu. Untuk motifnya sendiri, kamu bisa menyesuaikannya dengan tema ruangan. Jika kamu memiliki gaya rumah modern minimalis, motif batu marmer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ruang tamu.

Kamar

Keramik dengan motif polos sangat cocok untuk melapisi lantai kamar tidur. Hal ini dikarenakan di dalam kamar pasti akan ada barang yang langsung diletakkan di lantai, misalnya di pan tempat tidur atau lemari, sehingga sebagus apapun motif kamar tidur, tetap tidak akan kelihatan seluruhnya. Dalam menggunakan keramik motif polos, kamu bisa memainkan warna yang sesuai dengan tema ruangan kamar.

Kamar Tidur Anak

Sama seperti halnya ruangan kamar, ruangan kamar tidur anak bisa dipadu padankan dengan keramik motif polos. Kamu tinggal bermain dengan warna seperti biru, pink, dan warna-warna cerah lain. Jika ingin menambah kesan estetik, bermainlah dengan motif pada keramik dinding. Motif flora, fauna, atau motif kendaraan bisa menjadi referensi untuk keramik dinding pada kamar anak.

Dapur

Motif mozaik dan batu sangat cocok untuk keramik lantai dapur. Kamu juga bisa mengaplikasikan keramik dengan motif mozaik pada dinding dapur untuk memperlihatkan sisi dekoratif. Namun perlu diingat, jangan aplikasikan pada seluruh dinding dapur, pilihlah salah satu sisinya.

Garasi

Untuk garasi, kamu bisa memilih keramik dengan motif batu alam agar terlihat lebih natural. Jangan pilih keramik dengan tekstur mengkilap atau glossy karena hal tersebut akan menimbulkan banyak goresan pada keramik. Pilihlah keramik dengan tekstur doff atau kasar, keramik jenis ini aman digunakan untuk ruang garasi yang penuh aktivitas. Itulah beberapa tips memilih keramik lantai untuk beberapa ruangan rumah.

Pilihlah keramik yang cocok dan terpenting bisa menyesuaikan tema ruangan rumah.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup