post image
Ilustrasi hujau.
KOMENTAR

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayuran hijau memiliki banyak manfaat untuk menutrisi tubuh. Makanan yang kaya akan serat, vitamin, mineral, serta rendah kalori ini mampu menurunkan resiko obesitas, hipertensi, dan penyakit jantung. Berikut 5 sayuran hijau yang akan dibahas :

Kale

Mungkin tidak semua orang pernah mendengar sayuran ini, namun siapa sangka jika ternyata sayur kale mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Kale memiliki kandungan vitamin seperti vitamin A, D, dan K, serta mineral yang terdiri dari kalsium dan magnesium. Tak hanya itu, kale juga memuat antioksidan yang tinggi mencakup lutein dan beta karoten. Sayuran ini umumnya direkomendasikan untuk penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang banyak mengandung nutrisi baik di antaranya antioksidan, serat, mangan, vitamin A, B2, B9, dan K. Terkenal efektif membantu produksi sel darah merah, bayam juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, mencegah osteoporosis, asma, serta radang sendi.

Selada

Salah satu sayuran hijau yang bisa dikonsumsi tanpa melewati proses memasak adalah selada. Sayuran yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang hingga tropis ini memiliki beragam jenis, seperti selada batang, selada kepala, selada merah, dan lain-lain. Selada mengandung sejumlah vitamin dan mineral, terdiri dari vitamin A, B9, K, zat besit, zat mangan, dan fosfor.

Sawi

Sawi merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak mengandung air. Sayuran ini dapat membantu mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular, tulang, serta mata. Hal ini berkat karbohidrat, kalsium, serat , kalium, magnesium, zat besi, zinc, dan vitamin K yang terkandung di dalamnya.

Daun Bit

Pernah dengar daun bit? Mungkin di telinga beberapa orang sayuran yang satu ini terdengar asing, namun rupanya daun bit menyimpan banyak nutrisi seperti potasium, serat, kalsium, riboflavin, serta vitamin A dan K. Kandungan antioksidan lutein dan beta karoten di dalamnya juga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit mata. Proses pencernaan pun akan lancar jika kamu rutin mengonsumsi daun bit.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup