post image
Yogurt memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. / NET
KOMENTAR

Yoghurt merupakan susu hasil dari fermentasi bakteri. Aroma serta teksturnya yang seperti gel dihasilkan dari asam laktat yang berperan dalam protein susu. Sebenarnya yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Namun, umumnya minuman ini dibuat dari susu sapi dan kambing. Selain terkenal untuk melancarkan pencernaan, ternyata yoghurt memiliki segudang manfaat lain seperti berikut :

Menstabilkan tekanan darah

Kandungan kalium yang tinggi pada yoghurt berfungsi untuk membuang natrium berlebih dalam tubuh. Biasanya, natrium terdapat pada makanan tinggi garam dan bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan rutin mengonsumsi yoghurt, maka tekanan darahmu akan seimbang serta kesehatan jantungmu terjaga.

Memperkuat sistem imun tubuh

Yoghurt dipercaya dapat memperkuat sistem imun tubuh serta membantu melawan infeksi dan bakteri. Hal ini karena kandungan mineral dan gizi pada yoghurt memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel T, yaitu  salah satu sel darah putih di dalam tubuh yang bertanggung jawab melawan penyakit.

Menjaga kesehatan tulang

Yoghurt memiliki kandungan kombinasi antara kalsium dan vitamin D. Kalsium dikenal dengan manfaatnya untuk memperkuat tulang dan gigi, sementara vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik. Selain itu, mengonsumsi yoghurt juga bisa mencegah terjadinya osteoporosis di usia tua.

Sumber mineral dan vitamin

Tak heran jika yoghurt memiliki segudang manfaat karena kandungan di dalamnya kaya akan mineral dan vitamin seperti vitamin B kompleks, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, selenium, dan zink. Vitamin B12 dapat mencegah resiko penyakit jantung serta membantu sistem saraf agar bekerja dengan baik.

Melancarkan sistem pencernaan

Pasti sudah banyak yang tahu dengan manfaat yoghurt satu ini, yaitu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan untuk menyingkirkan bakteri jahat penyebab infeksi pada usus.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup