post image
Ilustrasi ketikak basah. /NET
KOMENTAR

Ketiak basah bukanlah masalah kesehatan yang serius dan berbahaya, namun jika berlebihan tentu akan mengurangi kepercayaan diri dan mengganggu aktivitas.

Masalah ini biasanya terjadi karena hyperhidrosis, yaitu kondisi yang menyebabkan keringat berlebih akibat kelenjar keringat yang terlalu aktif. Agar rasa percaya dirimu kembali meningkat, kenali cara mengatasi ketiak basah berikut ini:

Gunakan antiperspirant

Deodorant biasanya hanya mampu mengatasi bau ketiak tanpa mencegah keringat berlebih. Sebagai penggantinya, kamu bisa menggunakan antiperspirant. Kandungan alumunium klorida di dalamnya berfungsi untuk menghambat produksi kelenjar keringat sekaligus menghilangkan bau ketiak.

Jika masalah ketiak basahmu sulit diatasi, kamu bisa meminta resep dokter agar mendapatkan antiperspirant dengan kandungan alumunium klorida yang lebih tinggi.

Cukur rambut ketiak

Keberadaan rambut di ketiak dapat memberikan kelembapan yang memicu munculnya keringat. Maka dari itu, pastikan kamu rutin mencukur rambut ketiak agar mencegah masalah ketiak basah. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mencukur rambut ketiak adalah terhindar dari bau tidak sedap.

Hindari makanan pemicu keringat

Seperti sebuah ungkapan “you are what you eat”, artinya kamu adalah apa yang kamu makan. Bukan hanya rasa lezat dan enak, makanan yang kamu konsumsi juga sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuhmu. Makanan yang dapat memicu timbulnya keringat berlebih adalah makanan bersodium dan berlemak tinggi, kafein, bawang merah, bawang putih, kubis, dan brokoli.

Mengonsumsi air yang cukup

Minuman dan makanan yang mengandung air dapat mempertahankan suhu tubuh yang sejuk. Hal ini membuat tubuh tidak memproduksi keringat berlebih sehingga terhindar dari ketiak basah.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup