post image
Ilustrasi atap rumah. /NET
KOMENTAR

Dalam membangun sebuah rumah, kontruksi serta material atap merupakan hal yang harus dipertimbangkan mengingat fungsi atap sebagai penutup pelindung. Tanpa atap, kamu pasti tidak akan merasa aman berdiam diri di rumah karena akan terpapar segala macam cuaca. Jika ingin memasang atap rumah, berikut beberapa tips memilih atap rumah yang tepat :

Memilih Kerangka Atap

Kerangka atap memiliki peranan penting sebagai penopang atap rumah. Dalam memilihnya, pastikan kerangka atap kuat, kokoh, dan tahan terhadap panas maupun hujan. Sebaiknya gunakan kerangka dengan material baja yang sudah modern dan terbebas dari rayap.

Mempertimbangkan Faktor Cuaca

Dalam memilih kerangka atap rumah, sesuaikan dengan faktor cuaca di wilayah tempat kamutinggal. Apakah tempat tinggalmu di daerah rawan hujan, gersang, atau berudara dingin.

Instalasi Atap

Agar proses menginstalasi atap efektif dan tepat, sebaiknya gunakan tenaga kerja yang sudah ahli dalam memasang atap rumah. Selain menghemat waktu, kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan kinerja instalasi karena pemasangan yang dilakukan sudah sesuai prosedur.

Bahan Atap

Atap memiliki beragam jenis berdasarkan model, fungsi, dan ketebalan. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan selera, pastikan atap yang dipilih tidak mengganggu estetika rumah. Perlu kamu ketahui, semakin tebal atap rumah, maka akan semakin kuat ketahanannya. Salah satu material atap yang paling tahan lama adalah batu tulis. Harga yang dipatok pun sebanding dengan kualitasnya yang menjamin.

Kualitas Atap

Selain bahan, kualitas merupakan komponen penting yang perlu dipertimbangkan dalam membeli sebuah produk. Atap yang berkualitas tentunya tahan lama dan tidak mudah lapuk. Hal ini tidak akan membuat penghuni rumah mengalami pemborosan.

Menentukan Dana

Tips terakhir dalam memilih atap rumah adalah menentukan dana. Setelah kelima hal di atas kamu pertimbangkan, coba sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Tidak perlu membeli atap yang mahal jika tidak sesuai dengan kebutuhan, karena harga mahal tidak menjamin kualitas produk tersebut baik.

Itulah keenam tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih atap rumah. Perhatikan lagi kualitas, bahan, dan kebutuhan atap untuk melengkapi rumah. Yang paling penting, sesuaikan dengan jumlah dana yang kamu miliki. Jangan sampai kamu mengeluarkan biaya melebihi dana, jelas akan merugikan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup