post image
Ilustrasi pecah-pecah pada tumit. /NET
KOMENTAR

Bukan hanya rasa tidak nyaman, tumit kaki pecah-pecah juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang ketika mengenakan alas kaki terbuka. Tak jarang masalah ini disertai dengan rasa perih hingga infeksi. Pada dasarnya tumit kaki pecah-pecah disebabkan oleh kondisi kulit yang kering, kurangnya perawatan, atau faktor usia. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan 4 bahan berikut :

Madu

Madu mengandung antibakteri dan antimikroba yang dipercaya dapat melembabkan kulit dan membantu memulihkan tumit kaki pecah-pecah. Dalam dunia kecantikan pun, madu seringkali dimanfaatkan sebagai masker alami bagi kulit wajah yang kering. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengoleskan madu pada tumit kaki yang pecah sebelum tidur. Lakukan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pisang

Pisang terkenal kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Namun tahukah kamu, rupanya buah berwarna kuning ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan tumit kaki pecah-pecah. Hal ini karena vitamin A, B6, dan C yang terkandung di dalam pisang dapat membantu menghidrasi  dan menjaga elasitisitas kulit.

Campurkan pisang yang sudah dihancurkan dengan satu sendok madu, lalu kocok hingga menjadi pasta atau gel. Oleskan campuran kedua bahan tersebut pada tumit kaki dan diamkan selama 20-30 menit.

Alpukat

Selain dijadikan jus, alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi tumit kaki yang pecah-pecah. Alpukat sendiri mengandung vitamin A, E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi lain yang dapat melembapkan kulit.

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa mencampurkan alpukat dengan pisang, madu, atau bahkan keduanya. Setelah berubah menjadi pasta, oleskan adonan pada bagian tumit kaki yang bermasalah. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Minyak Zaitun

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kegunaan minyak zaitun yaitu untuk melembapkan kulit yang kering. Minyak zaitun juga dapat membantu menstimulasi sirkulasi darah sehingga mempercepat proses penyembuhan. Kamu tinggal mengoleskan minyak zaitun pada tumit kaki yang kering secara rutin.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup