post image
7 warna cat yang cocok untuk ruang kerja WFH./blog.tokocatwawawa.co.id
KOMENTAR

Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan istilah WFH atau Work from Home. WFH merupakan kebijakan dari perusahaan untuk para pekerja demi menghindari penyebaran Virus Covid-19. Demi kelancaran melakukan pekerjaan di rumah, para WFH menggunakan berbagai cara agar dapat bekerja dengan nyaman. Salah satunya adalah dengan mendekorasi kamar menjadi ruang kerja.

Nah berikut ini adalah beberapa warna cat untuk mendekorasi ruangan untuk para WFH agar nyaman dan produktif di kamar sendiri. Loh memang ada pengaruhnya? Eits, jangan salah, warna cat sebenarnya memiliki pengaruh yang cukup besar bagi psikologi seseorang yang dalam suatu ruangan.  Warna cat pada sebuah ruangan juga dapat mempengaruhi mood kita.

Misalnya saja mengapa warna cat kamar mandi kebanyakan berwarna netral atau kalem? Karena di ruangan tersebut menciptakan kesan netral dan bersih. Hal tersebut dapat membuat proses “pembersihan” dapat “dirasa” sangat afdol, dan ketika ia keluar kamar mandi akan tampak lebih segar.

Setiap warna memiliki implikasi yang berbeda secara emosional. Beberapa dapat menentramkan hati dan pikiran, beberapa dapat menambah semangat, beberapa membuat rileks dan nyaman, beberapa membuat penghuninya bahagia, hal ini bergantung pada kecocokan personal dan tentu pada ruangan yang tepat. Dilansir dari Glits, beberapa warna berikut ini dianggap cocok untuk para WFH agar lebih produktif dan tidak mengantuk. Yuk, simak!

Warna Ungu

Ungu memiliki kesan tenang dan menentramkan pikiran, makanya warna ungu dikenal dengan warna meditatif.  Selain membuat pikiran tenang, ternyata juga dapat menambah daya kreativitas penghuninya, lho. Kalau kamu tidak suka warna ungu kamu dapat menaruh elemen kecil berwarna ungu seperti vas bunga atau bunga berwarna ungu. Hal tersebut bertujuan agar manfaatnya sampai pada kamu yang sedang bekerja di rumah,

Warna Biru

Siapa sangka biru bisa menjadi warna  yang baik untuk ruang kerja. Warna yang sering diasosiasikan sebagai relaksasi yang dapat menjernihkan pikiran ternyata sangat cocok untuk digunakan di ruang kerja.  Warna cat ini dapat membuat para pekerja menjadi lebih tenang dan fokus, sehingga pekerjaan dapat selesai dengan cepat dan baik. Warna biru terbaik untuk ruang kerja adalah biru tua dengan aksen emas.

Warna Hijau

Aksen alam dapat tercipta dari warna hijau yang tidak terlalu terang. Warna tersebut mennciptakan nuansa yang tenang dan sejuk. Warna ini ditujukan bagi para WFH yang sebenarnya tidak terlalu suka bekerja di ruangan. Pemberian warna cat ini dimaksudkan agar pikiran tidak monoton dan  tetap dapat merasakan tenangnya alam. Apalagi kalau ditambah dengan tanaman kecil yang dapat membuat ruangan semakin indah dan asri.  

Warna Kuning

Warna kuning membuat produktivitas menjadi meningkat. Selain itu, ternyata warna kuning dapat mengurangi tingkat stres dan depresi.  Tidak hanya itu, warna kuning pada sebuah ruangan dapat meningkatkan mood dan membuat pikiran lebih positif. Tapi, yang perlu diingat adalah warna kuning yang  memberikan manfaat tersebut adalah warna kuning yang agak muted dan tidak terang. Kesalahan yang fatal jika kamu memilih warna kuning terang untuk ruang kerjamu!

Warna Jingga

Warna jingga dapat menambah daya konsetrasi dan kreativitas. Jangan pilih warna jingga yang terang ya, karena itu akan membuat kamu terdistraksi, lho. Atau jika kamu tidak terlalu menyukai warnanya, kamu hanya cukup memilih satu sisi dinding untuk dicat dengan warna jingga.

Warna Merah

Saya yakin sudah banyak orang yang mengetahui manfaat warna merah dalam sebuah ruangan. Satu di antaranya adalah menumbuhkan semangat kita baik dalam hal bekerja atau lain sebagainya. Tapi perlu diingat warna dinding yang dicat merah jangan terlalu banyak karena akan terasa menekan diri kita. Akan lebih baik jika kamu hanya memasukan beberapa aksen merah dalam sebuah ruangan misalnya saja lukisan atau aksesoris lainnya.

Warna Putih

Warna putih cocok untuk ruangan kerja yang ukurannya lebih kecil.  Penggunaan warna cat putih pada sebuah ruangan yang kecil dmaksudkan akan ruangan tersebut terlihat (terasa)  lebih luas. Karena warna putih sudah cukup terang ada baiknya kamu kombinasikan dengan warna-warna yang agak sedikit kalem, ya.

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan ruangan kerjamu, bisa jadi itu karena warna cat pada ruangan tersebut sudah usang atau kurang tepat. Warna cat baru membuat perubahan yang baik bagi kinerja kamu, baik itu di ruang kerja khusus atau kamar yang disulap menjadi ruang kerja sementaramu.

Segeralah mengganti warna catnya! Sebelum kamu mengganti warna catnya, yang perlu diingat olehmu adalah ruangan kerja kurang cocok dicat dengan warna cat yang sangat terang dan sangat gelap seperti kuning terang dan hitam.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup