post image
Beberapa jenis makanan yang ampuh kurangi stres di masa pandemi.
KOMENTAR

Stres dan gangguan kecemasan bisa menimpa siapapun. Menurut sebuah laporan, pada April 2020 lalu, terjadi peningkatan angka pengobatan stres dan gangguan kecemasan sebanyak 34 persen pada seluruh populasi dunia di masa pandemi ini.

Tentu saja hal ini belum termasuk angka penderita yang tidak melakukan pengobatan, apalagi masih banyak orang yang menyepelekan masalah kesehatan mental.

Untuk itu, kita bisa mencegah dan mengurangi stres serta gangguan kecemasan dengan mengonsumi makanan-makanan berikut ini.

Telur

Kandungan gtripofan dalam telur membantu menghasilkan serotonin dalam tubuh. Serotonin sendiri dapat membantu mengatur suasana hati, tidur, memori, dan perilaku. Selain itu serotonin juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak dan menghilangkan kecemasan.

Dark chocolate

Menurut sebuah studi, dark chocolate atau cokelat hitam mampu mengurangi stres dan meningkatkan mood. Terlebih makanan ini mengandung polivenol, terutama flavonoid yang dapat mengurangi peradangan saraf dan kematian sel di otak, serta meningkatkan aliran darah. Kandungan tryptophan dalam cokelat hitam juga memiliki fungsi yang sama dengan serotonin.

Ikan berlemak

Macam-macam ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, trout, dan herring memiliki kandungan omega-3 yang banyak dan berperan penting untuk fungsi kognitif dan kesehatan mental. Untuk mengurasi stres dan cemas kamu bisa mengonsumsi dua porsi ikan berlemak dalam seminggu.

Chamomile

Jenis teh yang satu ini ternyata juga memiliki kandungan flavonoid yang bersifat menenangkan dan anti-kecemasan. Maka tak heran apabila banyak orang yang dengan sengaja mengonsumsi teh ini untuk merilekskan dan menenangkan diri

Kunyit

Salah satu jenis rempah ini ternyata dapat membantu menurunkan kecemasan dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang sering meningkat pada orang yang mengalami gangguan suasana hati karena kandungan curcumin yang ada di dalamnya. Menurut sebuah studi tahun 2015, curcumin mampu mengurangi kecemasan pada orang dewasa yang juga mengalami obesitas.

Nah, itu dia jenis-jenis panganan yang bisa kamu konsumsi sebagai langkah awal untuk mencegah maupun mengurangi stress dan gangguan kecemasan. Ingat juga untuk jangan sungkan konsultasi pada psikolog atau psikiater jika kamu merasa stress atau gangguan kecemasan sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup