post image
Ilustrasi rempah-rempah. / PIXABAY/monicore
KOMENTAR

Emosi negatif seperti stres atau cemas sangat mungkin dialami oleh siapapun. Pemicunya bisa jadi banyak hal, seperti tuntutan pekerjaan, masalah keluarga, masalah keuangan, dan lain-lain.

Efek stres tentu tidak bisa diabaikan sehingga emosi negatif seharusnya segera diatasi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan pereda stres hingga konsultasi dengan profesional untuk mendapatkan tindakan yang lebih tepat.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 rempah-rempah terbaik untuk menghilangkan stres:

1. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah aromatik yang sangat terkenal di dunia pengobatan tradisional. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi stres dan kecemasan.

Adanya kandungan gingerol dan antioksidan dalam jahe mampu menangkal bahan-bahan kimia yang berbahaya yang diproduksi oleh tubuh saat mengalami stres.

Untuk menghilangkan stres, jahe bisa dinikmati dengan merebusnya sebanyak 1 sendok teh dalam 2 gelas air selama 10 menit. Tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon untuk menambahkan rasa.

2. Kamomil

Kamomil telah lama digunakan oleh bangsa Yunani dan Romawi Kuno sebagai obat herbal dengan efek menenangkan. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh kamomil tidak hanya menenangkan tetapi juga mengatasi kecemasan.

Efek relaksasi dari kamomil disebabkan oleh kandungan fenolat, seperti flavonoid, kuinon, asam fenolik, dan senyawa antioksidan lain.

Untuk menghilangkan stres, bisa mencampur 2 sendok teh bunga kamomil kering dengan 2 cangkir aiar panas. Biarkan selama 2 hingga 3 menit, lalu saring dan nikmati selagi hangat.

3. Ashwagandha

Aswagandha merupakan rempah-rempah yang bermanfaat untuk emotional healing. Penelitian dalam Indian Journal of Psychological Medicine menyebut aswagandha sebagai rempah penurun hormon stres atau kortisol.

Adapun kadar kortisol bisa meningkat ketika stres hingga menyebabkan hormon dan neurotransmitter lain menjadi tidak seimbang. Mengonsumsi ashwagandha secara teratur mampu mendatangkan ketenangan dan mengurangi stres.

Untuk menghilangkan stres, campurkan 1/2 sendok teh bubuk ashwagandha ke dalam segelas susu hangat. Konsumsi susu tersebut sebelum tidur di malam hari.

4. Brahmi

Brahmi memiliki sifat anti-cemas yang kuat. Brahmi diketahui mampu meningkatkan kadar serotonin yang membantu meningkatkan efek relaksasi, memberikan rasa damai, dan menenangkan.

Untuk menghilangkan stres, campurkan 1/2 sendok teh bubuk brahmi ke dalam 1/2 cangkir susu atau air panas. Diamkan selama 2 hingga 3 menit. Tambahkan madu sebagai pemanis jika diperlukan.

5. Tulsi

Stres dalam level yang serius mampu menyebabkan peradangan dan peningkatan radikal bebas. Sementara itu, tulsi mampu meningkatkan tingkat dan aktivitas antioksidan yang akan menangkal efek negatif dari radikal bebas.

Sebuah studi menunjukkan bahwa tulsi efektif untuk mengatasi kecemasan dan stres. Konsumsi tulsi secara rutin juga mampu menjadi pencegah berkembangnya penyakit akibat stres.

Untuk menghilangkan stres, campurkan 1/4 cangkir daun tulsi dan 1 cangkir air. Aduk rata dan didihkan dengan api sedang selama 10 menit.

Setelah itu, saring dan tambahkan 2 sendok teh jus lemon. Sajikan dan konsumsi selagi hangat untuk memberikan efek yang optimal.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup