post image
Ilustrasi cara efektif saat pindah rumah.
KOMENTAR

Wajar jika seseorang merasa senang menyambut rumah baru yang akan dihuni. Apalagi jika rumah tersebut merupakan rumah yang sudah lama diidam-idamkan.

Tata letak furnitur serta cat warna rumah pasti sudah direncanakan sedemikian rupa oleh calon penghuni. Namun, hari-hari menjelang kepindahan rumah bisa menjadi hal yang merepotkan bagi beberapa orang.

Mereka akan kebingungan menyusun barang-barang yang akan dipindahkan serta mencari transportasi untuk mengangkutnya. Agar kamu tidak kewalahan di hari-hari kepindahan rumah, berikut beberapa tips yang dapat meringankan aktivitas pindah rumah.

Mengatur surat pindahan lebih awal

Meskipun kamu sedang disibukkan dengan pengemasan barang-barang pindahan, jangan sampai membuat kamu lupa mengurus surat pindahan.

Justru dokumen-dokumen ini jauh lebih penting karena menyangkut legalitas rumah. Lakukanlah pengurusan surat lebih awal, hal ini dilakukan agar tidak bentrok dengan kegiatan pindahan yang akan semakin ribet. Siapkan beberapa surat yang dibutuhkan seperti sertifikat rumah, surat pajak, dan lain-lain.

Membuat daftar barang yang akan dibawa

Membuat daftar barang bawaan bisa membuat aktivitas pindahan rumah lebih efektif. Dengan begitu kamu bisa tahu mana barang yang perlu dibawa dan tidak.

Buatlah angka dan isi kardus yang akan dinomori. Agar pekerjaan lebih cepat dan rapi, kamu bisa membuatnya menggunakan komputer dan dicetak dengan printer. Gunting nomor-nomor yang telah dibuat, lalu gunakan solatip untuk menempelkan pada setiap kotak yang telah dipak.

Pisahkan barang prioritas

Aktivitas pindah rumah bisa membuat kamu lupa meletakkan barang-barang yang dibutuhkan. Maka dari itu, pisahkanlah barang prioritas pada tas yang biasa kamu pakai, seperti dompet, uang, passport, dan dokumen-dokumen penting lain.

Selain itu, kamu juga bisa menaruhnya di wadah plastik transparan. Hal ini akan memudahkan kamu menjangkau dan menemui barang-barang yang penting.

Manfaatkan perabotan besar

Lemari pakaian bisa kamu jadikan tempat penyimpanan alternatif saat pindah rumah. Memiliki ukuran yang tinggi, lemari pakaian cocok untuk menyimpan barang berukuran besar dan ringan seperti selimut, bantal, dan sprei. Jangan lupa sesuaikan ukuran mobil pengangkut agar memuat lemari pakaian.

Selain lemari pakaian, kamu juga bisa memanfaatkan kotak sepatu dan barang-barang besar lain.

Kemas barangmu jauh-jauh hari

Mengemas barang-barang sebelum hari kepindahan akan memudahkan kamu agar tidak keteteran. Kamu bisa mulai memilah-milah barang dan mengepaknya. Cara ini juga efektif untuk menyicil penyusunan barang-barang.

Membungkus Barang berdasarkan Fungsi dan Material Dalam mengemas furniture, sebaiknya bungkus menggunakan kardus berdasarkan materialnya. Jangan satukan barang mudah pecah dengan barang berbobot berat karena akan merusak furniture. Setelah proses pengemasan selesai, berikan label pada setiap kardus sesuai fungsi dan materialnya.

Berhenti membeli bahan makanan seminggu sebelum pindah

Seminggu sebelum kepindahan alangkah baiknya jika kamu tidak membeli bahan makanan baru. Mengisi kulkas secara berlebihan hanya akan menambah beban saat pindah rumah. Itulah beberapa tips yang dapat meringkankan aktivitas pindah rumah. Pastikan kamu pindah rumah di hari yang tepat agar tidak berbenturan dengan jadwal kantor atau acara penting lainnya.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup