post image
Tradisi Mappalette Bola khas suku Bugis. / Tirto.id
KOMENTAR

Pindah rumah yang hanya menempuh perjalanan satu jam saja sudah pasti membuat kamu lelah, apalagi jika pindah rumah ke kota yang berbeda. Selain menguras tenaga, biaya yang dikeluarkan pun akan lebih banyak.

Namun meskipun begitu, kamu harus tetap berhemat dan mengatur waktu pindahan agar lebih efisien. Berikut tips hemat pindah rumah ke luar kota:

Pertimbangkan Waktu

Sebagian orang memilih pindah rumah ke luar kota karena tuntutan pekerjaan. Maka dari itu pastikan terlebih dulu berapa lama kamu akan menempati rumah tersebut. Jika kamu hanya menetap selama satu tahun, sebaiknya bawa saja perabotan rumah yang diperlukan.

Sisanya bisa ditinggalkan di rumah lama seandainya satu tahun kemudian kamu akan kembali ke rumah yang sebelumnya. Namun apabila kamu memutuskan untuk menetap di kota tersebut, berarti kamu harus menyortir perabotan mana yang akan dibawa dan ditinggalkan.

Pilih Rumah Siap Huni

Jika kamu memutuskan untuk menetap dalam waktu yang lama, sebaiknya pilihlah rumah sewa atau rumah baru yang sudah siap huni. Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu lagi kerepotan merenovasi rumah atau mengisinya dengan perabotan besar. Pastikan juga rumah yang dibeli sudah dilengkapi beberapa perabotan seperti kitchen set, ranjang, sofa, dan meja makan.

Apabila furnitur yang disediakan tidak sesuai dengan selera, kamu bisa memodifikasinya agar tetap tampil menarik.

Pilih Jasa Angkut Barang

Agar waktu lebih efisien serta menghemat pengeluaran, sebaiknya sewa jasa angkut yang dapat menampung barang-barang pindahan hanya dalam waktu satu hari. Susun perabotan dalam mobil boks atau truk hingga seluruh barang dapat terangkut. Pastikan kamu hanya membawa barang-barang yang diperlukan.

Gunakan Kain dan Kaus Kaki

Dalam mengemas barang pecah belah, sebaiknya kamu melapisinya menggunakan kaus kaki atau kain sebagai pengganti bubble wrap. Selain mengurangi benturan, cara ini juga berguna untuk menghemat pengeluaran.

Pakai Mobil Pribadi

Jika kamu hendak membawa mobil pribadi ke kota tujuan, sebaiknya manfaatkan ruang yang tersedia di dalam mobil untuk menyimpan kebutuhan pribadi, barang berharga, serta dokumen-dokumen penting. Sebaiknya kamu menyewa jasa sopir atau meminta bantuan orang terdekat untuk mengendarainya agar tubuhmu tidak kelelahan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup