post image
Ilustrasi mudah lapar. / NET
KOMENTAR

Umumnya seseorang akan merasa lapar setiap 3-4 jam setelah makan. Namun, pernahkan perutmu berbunyi kelaparan padahal kamu baru saja makan? Hal ini ternyata bukan semata-mata perutmu kekurangan makanan, bisa saja karena beberapa hal berikut :

Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh seringkali disalah artikan menjadi rasa lapar. Ketika kita mengalami dehidrasi, otak akan kebingungan menangkap sinyal yang dikirim tubuh sehingga otak membacanya sebagai rasa lapar dan rasa haus. Maka dari itu, ketika perutmu merasa lapar padahal kamu baru saja makan, cobalah minum segelas air dan tunggu sekitar 15-20 menit.

Kurang tidur

Waktu tidur yang kurang ternyata bisa menjadi salah satu penyebab rasa lapar. Hal ini karena ketika kurang tidur, hormon ghrelin atau hormon yang merangsang nafsu makan akan meningkat. Sementara hormon leptin yang menyebabkan rasa kenyang menurun.

Terlalu banyak karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat seperti nasi, kue, dan pasta dapat meningkatkan kadar gula darah dan menurunkannya dengan cepat. Penurunan kadar gula inilah yang menyebabkan perutmu mudah merasa lapar. Sebaiknya konsumsi karbohidrat yang kaya akan serat seperti apel.

Stres

Dalam kondisi stres, otak akan mengurangi hormon serotine yang dapat menyebabkan rasa lapar meskipun perut sedang tidak lapar. Penyebab inilah yang membuat seseorang melampiaskan rasa stres pada makanan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup