post image
Tips memilih furnitur (foto: Pinterest)
KOMENTAR

Perkarangan dan rooftop merupakan bagian dari outdoor rumah. Dalam memilih furniturnya pun tidak boleh sembarangan mengingat perkarangan merupakan tampilan awal dari sebuah rumah. Jika furnitur yang disuguhkan menarik mata, maka rumah tersebut akan lebih enak dipandang.

Begitu juga sebaliknya, furnitur yang lapuk dan asal-asalan akan merusak pemandangan rumah. Maka dari itu, pilihlah furnitur yang sudah terjamin dari segi desain maupun kualitas. Jika kamu masih bingung memilih furnitur untuk outdoor rumah, berikut beberapa tipsnya.

Ukuran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ukuran furnitur dan ruangan. Meski furnitur terlihat estetik dan tahan lama, rasanya percuma jika ruangan outdoor tidak dapat memuatnya. Oleh karena itu, ukurlah kapasitas eksterior rumah terlebih dulu. Ukuran furnitur yang tidak sesuai akan membuat ruangan tampak sumpek dan kurang menarik.

Bahan

Mengingat ruangan outdoor lebih rentan terpapar berbagai cuaca, maka memilih bahan furnitur sangat penting agar furniture tidak mudah rusak. Kamu dapat memilih furniture berbahan stainless steel, kayu solid, dan rotan. Ketiga bahan tersebut terkenal dengan sifatnya yang tahan terhadap perubahan cuaca.

Jenis Finishing

Selain bahan, finishing juga menentukan ketahanan sebuah furnitur karena finishing-lah yang akan melindungi furnitur. Sebaiknya pilihlah furnitur dengan finishing berbahan Polyurethane.

Selain ketahanannya yang sangat kuat, bahan finishing ini juga anti air sehingga cocok untuk kebutuhan outdoor.

Warna

Warna merupakan salah satu hal yang dapat memengaruhi tampilan outdoor. Kamu bisa memilih warna furniture sesuai selera namun tetap senada dengan nuansa eksterior rumah. Jika kamu ingin menampilkan kesan natural, pilihlah warna-warna netral seperti cokelat kayu, abu-abu, hitam, dan putih.

Mudah dibersihkan

Memilih furnitur yang mudah dibersihkan memang bukan prioritas, namun alangkah baiknya diutamakan. Hal ini dikarenakan furnitur yang diletakkan di luar rumah lebih rentan terkena kotoran dan debu sehingga furnitur mudah kotor.

Hindari menggunakan furnitur berbahan kain karena lebih mudah menyerap kotoran yang membuat furniture tampak kusam.

Multifungsi

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa membeli furniture multifungsi seperti satu set bangku dan meja lipat, atau meja yang sudah dilengkapi laci. Selain praktis, furniture ini juga akan mempercantik eksterior rumah karena tampilannya yang unik.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup