post image
Ilustrasi dekorasi rumah.
KOMENTAR

Furnitur merupakan komponen terpenting untuk mengisi seunit ruang rumah agar tidak sunyi, kosong, dan tentunya menambah kesan estetik. Kehadiran furnitur di dalam rumah dinilai amat penting, terlebih lagi masing-masing benda memiliki fungsi yang berbeda. Bahkan meski sama-sama memegang predikat ‘rak’, rak buku dan rak dapur fungsinya sama sekali tidak sama

Banyak sekali orang yang memanfaatkan furniture sebagai elemen dekoratif untuk mempercantik tata rumahnya. Tidak hanya rumah, bahkan kantor dan sekolah sekali pun. Sebelum memilih furniture yang cocok dengan rumah kamu, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

Ukuran Furnitur

Sebelum membeli furnitur, alangkah baiknya sesuaikan terlebih dulu dengan ukuran dan kondisi ruangan. Meski bentuknya estetik, bukan berarti kamu bisa langsung membelinya begitu saja, sementara ruangan yang kamu miliki tidak dapat memuat furnitur tersebut. Jika ruangan rumah minimalis, pilihlah beragam furnitur berukuran kecil hingga sedang agar ruangan tidak sempit dan sumpek. Begitu juga sebaliknya.

Pemilihan Warna

Dalam pemilihan warna, kamu bisa memilih warna furnitur yang senada dengan dinding atau menyelaraskannya dengan warna dominan yang ada di ruangan. Selain itu, hindarilah warna berkontras rendah. Hal tersebut sangat penting agar warna menyatu dan tidak merusak keindahan ruangan.

Fungsi Ruang dan Furnitur

Seperti yang sudah dibahas bahwa setiap furnitur memiliki fungsi yang berbeda sesuai tata letak ruangan. Untuk mengisi ruang kamar tidur, furnitur yang sesuai ialah kasur yang empuk dan nyaman, mengingat fungsi kamar tidur yaitu sebagai tempat beristirahat. Hal ini juga berlaku untuk dapur, kamar mandi, dan ruangan lain. Bijaklah dalam memilih furnitur. Furnitur yang mahal dan estetik tidak menjamin benda tersebut benar-benar berfungsi dan dibutuhkan.

Desain

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam memilih desain furnitur untuk mengisi ruang rumah. Kamu bisa memilih desain furnitur yang senada dengan tema ruangan. Sebaiknya pilihlah desain furnitur yang tidak lekang waktu. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mengkreasikan ruangan dengan mengubah-ubah tampilan furnitur sesuai tren.

Bahan

Desain yang bagus dirasa percuma jika memiliki bahan yang kurang berkualitas. Maka dari itu, selektiflah dalam memilih bahan furnitur agar bisa terpakai dalam jangka waktu yang lama. Kamu bisa memilih furnitur dengan bahan dan teknik pernis, tahan terhadap kotoran, kemudahan perawatan, serta kualitas warna yang baik.

Sesuaikan Anggaran

Ini tahap yang paling penting. Meski kelima hal di atas sudah Anda pertimbangkan dengan baik, sia-sia bukan jika anggaran yang kamu miliki tidak mencukupi? Maka dari itu, pilihlah furnitur yang sesuai dengan budget.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup