post image
Ilustrasi atap rumah.
KOMENTAR

Atap memiliki peran yang sangat penting untuk melengkapi sebuah rumah. Berkat atap, penghuni rumah bisa terlindungi dari berbagai macam cuaca seperti hujan, panas, dan lain-lain. Seiring berkembangnya zaman, jenis material atap semakin beragam. Bahan serta model atap yang bervariasi membuat banyak orang kebingungan memilihnya. Sebelum membeli atap untuk melengkapi rumah, kenali dulu beberapa jenis material atap berikut ini :

Atap berbahan Alami

Sesuai namanya, atap jenis ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu, bambu, ijuk, dan rumbia. Untuk atap berbahan kayu, kayu yang biasa digunakan yaitu kayu besi, jati, atau merbau. Lembaran papan kayu yang tertata di atas struktur atap akan membawa suasana sejuk bagi penghuni rumahnya. Bagi kamu yang tinggal di daerah beriklim tropis, material atap jenis ini sangat cocok digunakan.

Atap Genteng Tanah Liat

Atap genteng tanah liat merupakan material atap yang umum digunakan. Dengan tanah liat sebagai bahan utamanya, atap ini mampu menahan panas dengan baik sehingga ruang di bawahnya akan sejuk.  Atap jenis ini memiliki varian modern yaitu genteng keramik. Berbeda dengan genteng biasa yang kasar dan berpori, permukaan genteng keramik telah diberi glasir sehingga kedap air dan mengkilap. Tak heran jika atap genteng tanah liat cocok digunakan untuk berbagai gaya, baik tradisional maupun modern.

Atap Genteng Beton

Atap genteng beton terbuat dari bahan beton, yaitu campuran pasir dan semen. Atap jenis ini memiliki dua tipe, tipe gelombang untuk menegaskan kesan natural, dan tipe datar bagi kamu yang ingin memperlihatkan kesan modern. Genteng benton diberi tambahan perwarna agar terlihat estetis.

Atap Genteng Metal/Logam

Jenis material atap yang keempat adalah atap genteng metal/logam. Atap jenis ini terbuat dari berbagai material logam seperti stainless steel, tembaga, baja galvalum, spandek, metal multiroof, millenium, dan sebagainya. Bobotnya yang ringan serta mudah dipasang membuat atap jenis logam banyak diminati. Selain itu, atap logam juga mampu menahan pengaruh cuaca.

Atap Genteng Bitumen

Bitumen adalah nama lain dari aspal. Sesuai namanya, genteng bitumen terbuat dari campuran aspal dan bahan-bahan penguatnya. Maka dari itu, atap jenis ini menjadi liat dan kuat. Namun siapa sangka, genteng bitumen ternyata sangat ringan dan materialnya lunak sehingga mudah untuk dipasang.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup