post image
Atap rumah adalah pelindung utama dari terpaan hujan dan panas.
KOMENTAR

Atap bocor merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi ketika hujan deras. Hal ini pasti sangat menjengkelkan bagi mereka yang merasakan. Apalagi jika hujan deras datang tidak terduga, sehingga penghuni rumah tidak melakukan antisipasi terlebih dulu.

Maka dari itu untuk mencegah atap rumah bocor ikuti beberapa tips berikut ini.

Periksa secara berkala

Perikalah atap secara berkala merupakan hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya bocor. Identifikasi masalah pada titik-titik yang sering mengalami kebocoran seperti saluran air atau pipa. Jika kamu mendapati air masih menggenangi atap rumah, segera tutup titik bocor tersebut. Jangan biarkan titik-titik kebocoran terkikis atau rusak karena akan semakin membuka peluang atap bocor.

Periksa perimeter

Langkah selanjutnya yaitu memeriksa kelengkapan atap rumah. Dimulai dari memeriksa lapisan anti bocor dan membrane atap. Carilah area yang sudah sobek dan berlubang, karena titik tersebut akan menjadi tempat air hujan mengalir masuk. Jika terdapat jamur dan lumur di sekitar atap, segera bersihkan. Jamur dan lumut akan tumbuh di area atap yang lembab dan rentan mengalami kebocoran.

Bersihkan genangan air

Genangan air merupakan salah satu pemicu utama atap rumah mengalami kebocoran. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan saluran dan talang air agar atap rumah terbebas dari sumbatan air. Jika kamu mendapati dedaunan tersangkut di atap rumah, segera singkirkan karena daun-daun akan menghambat jalur air hujan turun ke tanah.

Ventilasi udara

Salah satu penyebab terjadinya kebocoran yaitu atap rumah yang terlalu lembab. Sistem sirkulasi udara yang baik akan menghindari atap rumah keropos. Maka dari itu, buatlah sebuah jendela atau lubang pada sisi atas atau bawah genting. Hal ini akan membuat ruangan dalam kerangka atap tetap kering.

Berikan lapisan khusus

Agar atap lebih kuat menahan rembesan air, lapisilah genting dengan lapisan khusus atau cat genting. Cat genting dapat menutupi keretakan genting dan mencegah air merembes masuk ke dalam rumah. Selain itu, cat genting juga akan membuat permukaan atap menjadi licin sehingga air hujan lebih leluasa mengalir.

Itulah kelima tips mencegah terjadinya atap bocor. Lakukan dengan baik sebagai antisipasi sebelum musim hujan datang.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup