post image
Ilustrasi.
KOMENTAR

Selain membasahi area ruangan rumah, atap yang bocor ketika hujan deras juga dapat merusak funitur yang terkena tetesan air seperti lemari, kursi, dan perabotan lain. Suasana rumah pun dirusak oleh pemandangan ember di setiap sudut ruangan.

Jika atap sampai mengalami kerusakan akibat bocor yang berkala, sebaiknya kamu menggunakan jasa yang ahli memperbaiki atap. Namun jika atap hanya mengalami bocor tanpa kerusakan yang parah, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut:

Gunakan Water Proofing

Cara pertama untuk mengatasi atap yang bocor adalah menggunakan water proofing. Water proofing berfungsi sebagai penambal atap yang bocor. Water proofing dapat menahan rembesan air hujan karena mengandung liquid yang memiliki sifat tahan air.

Perhatikan Kemiringan Atap

Atap yang datar dan landai akan membuat air hujan menggenangi beton sehingga atap mengalami kebocoran. Maka dari itu, pastikan atap rumah memiliki kemiringan sekitar 30 hingga 40 derajat. Hal ini bertujuan agar aliran hujan lancar turun ke bawah. Selain itu, kurangi sambungan atap untuk mengurangi potensi terjadinya kebocoran.

Perbaiki Posisi Genting

Coba periksa kembali posisi genting, jika ada yang melorot segera perbaiki. Genting bisa saja melorot karena tertiup angin atau terinjak oleh kucing. Lakukan pengecekan secara berkala agar kamu bisa terhindar dari permasalahan atap bocor.

Bersihkan Talang Air

Sebagai antisipasi sebelum hujan turun, sebaiknya kamu bersihkan talang air secara rutin. Bisa saja talang air tersumbat oleh daun-daun atau sampah. Talang air yang kotor akan mengambat aliran air hujan sehingga air hujan tidak tertampung dan mengalir ke saluran yang tidak tepat. Jika sudah begini, maka terjadilah kebocoran.

Ganti Genting yang Rusak

Genting bisa saja retak atau rusak ketika kualitasnya sudah lapuk. Bisa jadi karena kamu tidak sengaja menginjaknya ketika sedang menaiki atap. Jika kamu terus membiarkan genting yang rusak dan tidak segera menggantinya, jangan heran jika air menetes ke dalam rumah saat hujan turun. Maka dari itu, gantilah genting yang sudah lapuk dengan genting baru untuk mencegah atap bocor.

Itulah kelima cara memperbaiki atap yang bocor. Jika kamu kesulitan melakukan semuanya seorang diri, mintalah bantuan tetangga atau orang rumah. Cara tersebut juga efektif sebagai antisipasi sebelum musim hujan turun.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup