post image
Kunci pintu merupakan salah satu pengaman rumah Anda dari kebobolan.
KOMENTAR

Selain sebagai akses keluar masuk, kunci pintu rumah juga merupakan jaminan sebuah rumah tidak dimasuki oleh sembarang orang. Dengan adanya kunci pintu, rumah akan terproteksi dengan baik karena hanya pemilik rumah saja yang memegang kuncinya.

Namun dalam beberapa kasus, rumah dapat kebobolan orang asing karena kunci pintu rumah yang mudah rusak sehingga mereka harus memanggil tukang untuk memperbaikinya. Maka dari itu, dalam memilih kunci rumah harus selektif juga dan terjamin aman seperti jenis kunci berikut ini:

Handleset

Kunci jenis ini memiliki pegangan pada sisi eksternal dan salah satu kenop putar pada sisi internal. Kenop putar inilah yang berfungsi untuk mengunci pintu. Selain itu, desainnya yang menarik sangat menunjang tampilan eksterior rumah. Biasanya, kunci pintu rumah jenis handleset dilengkapi fitur deadbolt sebagai keamanan ekstra.

Deadbolt

Deadbolt sebenarnya berperan sebagai tambahan keamanan, fungsinya untuk mencegah orang asing masuk ke dalam rumah. Letaknya pun ditempatkan secara terpisah dengan gagang pintu. Kunci jenis ini memiliki dua desain silinder, yaitu silinder tunggal dan ganda.

Mortise

Unik merupakan satu kata yang mendeskripsikan kunci mortise. Memiliki pelat bagian luar dan dalam dengan desain yang berbeda menjadi daya tarik tersendiri bagi kunci jenis ini. Pada bagian luar, kunci mortise dilengkapi dengan anak kunci. Anak kunci ini digunakan dengan cara menekan tuas yang terletak di atas gagang pintu. Sementara pada bagian dalam, terdapat kenop yang diputar untuk mengunci pintu otomatis.

Kenop

Kunci pintu jenis kenop sudah populer digunakan. Dengan tampilan yang sederhana, kenop memiliki desain kenop silinder ataupun tunggal. Cara kerja penguncian kunci kenop ada pada bagian dalam gagang.

Hand Lever

Sama seperti kunci jenis knop, kunci jenis hand lever memiliki tampilan yang tak kalah sederhana. Bedanya, hand lever dilengkapi dengan tuas pegangan pada salah satu sisi serta tombol twist di sisi lainnya. Bagi kamu yang memerlukan keamanan ekstra namun praktis, kunci jenis hand lever sangat cocok untuk digunakan.

Elektronik

Di era yang semakin canggih ini, kunci pintu rumah sekali pun mengeluarkan variasi bersifat elektronik. Sesuai namanya, kunci jenis elektronik tidak membutuhkan anak kunci karena memanfaatkan kartu atau keypad sebagai penguncian otomatis. Kunci elektronik sangat cocok untuk kamu yang ingin rumah tetap aman namun praktis.

Itulah beberapa jenis kunci pintu yang bisa Anda gunakan untuk melindungi rumah dari orang asing. Kamu bisa membelinya sesuai budget dan kebutuhan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup