post image
Merawat tanaman butuh ketelatenan dan kecermatan (Foto: Pixabay)
KOMENTAR

Selama masa pandemi Covid-19, salah satu kegiatan andalan untuk menghabiskan waktu di rumah adalah merawat tanaman. Tidak perlu teras luas untuk memelihara tanaman, kita bisa juga menyimpannya di dalam ruangan, seperti di kamar tidur. Tidak hanya untuk dekorasi ruangan, tanaman juga memiliki manfaat untuk diri kita, salah satunya adalah mengurangi stres.

Setiap jenis tanaman tentu memiliki karakteristik tersendiri sehingga cara merawatnya pun berbeda-beda. Bagi yang baru bersentuhan dengan tanaman, tentu hal ini bisa membingungkan.

Berikut adalah 5 aplikasi yang bisa dicoba oleh pecinta tanaman agar bisa semakin maksimal dalam merawat tanaman.

Gardenia

Gardenia merupakan aplikasi yang memberikan informasi dasar mengenai perawatan tanaman dan beberapa pengingat penting, seperti jadwal menyiram tanaman, jadwal memberi pupuk, jadwal mengganti tanah atau memindahkan ke pot yang baru, memberi pestisida, memotong dahan atau daun, hingga waktu panen jika kamu menanam tanaman yang berbuah.

The Plant Me

Melalui aplikasi The Plant Me, kamu bisa mendapatkan informasi tentang tanaman yang kamu miliki. Informasi tersebut memuat hal-hal apa saja yang dibutuhkan oleh tanaman serta jadwal untuk menyiram dan memberi pupuk.

Selain itu, fitur History yang ada di aplikasi ini pun bisa digunakan untuk melihat perkembangan tanaman. Caranya bisa dengan mengunggah foto tanamanmu secara berkala dan aplikasi ini akan menunjukkan apakah tanamanmu tumbuh sehat atau semakin layu.

Florish

Kita bisa memasukkan secara manual jenis tanaman yang kita rawat di aplikasi Florish. Kemudian, aplikasi ini akan memberikan deskripsi singkat tentang tanaman tersebut, seperti tingkat pencahayaan dan tantangan merawatnya.

Menariknya, Florish memiliki fitur Light Meter yang memungkinkan pengguna untuk memperkirakan tingkat pencahayaan di berbagai area yang berebda sehingga bisa diketahui tanaman mana yang sebaiknya diletakkan di ruang terbuka dan tertutup.

Blossom

Aplikasi Blossom memiliki empat fitur utama, yakni Explore, Search, My Garden, dan Reminder. Fitur-fitur tersebut memudahkan pengguna untuk mencari berbagai jenis tanaman dan mengetahui serba-serbi perawatannya. Jika ingin fitur unlimited, kamu bisa menggunakan Blossom dengan membayar harga premium. Namun, tanpa perlu mengeluarkan uang, Blossom sudah menawarkan informasi yang cukup lengkap untuk 10 ribu jenis tanaman.

Vera

Jika aplikasi-aplikasi sebelumnya lebih cocok untuk kalian yang baru memulai merawat tanaman, Vera justru lebih cocok untuk yang sudah terbiasa merawat tanaman. Vera berfungsi sebagai jurnal untuk mengunggah foto-foto tanaman, mengidentifikasi spesies, memberi catatan lokasi, tanggal mulai merawat, dan memasukkan sendiri trik dan tips untuk merawat tanaman.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup