post image
Tubuh butuh asupan nutrisi setelah olahraga (Foto: Healthy Living Daily)
KOMENTAR

Menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga memang sangat penting. Tak kalah penting, mengatur asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh agar selalu dalam kondisi prima dan siap untuk rutin berolahraga. Lisa Reed, personal trainer, mengatakan bahwa makanan yang dikonsumsi beberapa menit setelah berolahraga penting untuk diperhatikan.

Tubuh harus cepat memperbaiki dan membangun jaringan otot yang baru sehingga dibutuhkan asupan karbohidrat dan protein. Selain itu, Reed juga mengatakan, mengonsumsi makanan 15 menit setelah olahraga ternyata lebih baik dibanding satu jam setelahnya. Dilansir dari National Geographic, inilah makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga.

Yoghurt

Angie Asche, seorang ahli gizi, menyebut yoghurt sebagai sumber protein yang sangat baik untuk dikonsumsi setelah olahraga. Tak hanya kaya protein, yoghurt juga kaya akan kalsium dan vitamin D yang bermanfaatkan untuk menguatkan otot dan mencegah cedera tulang.

Jika ingin asupan antioksidan dan karbohidrat ekstra, konsumsi yoghurt dengan tambahan buang beri atau potongan sayur. Tak hanya lebih menyehatkan, yoghurt juga terasa lebih segar dan nikmat.

Telur

Angie Asche tak hanya menyarankan konsumsi yoghurt setelah olahraga tetapi juga konsumsi telur. Tak hanya kuning telur yang dimakan tetapi putih telurnya juga harus, ya. Menurut Asche, kuning telur mengandung nutrisi yang penting untuk menjaga kesehtan tulang dan otak. Tentunya yang disarankan oleh Asche untuk dikonsumsi adalah telur rebus, bukan telur dadar apalagi pakai nasi dan kecap.

Biskuit gandum

Tubuh yang sudah berolahraga butuh asupan karbohidrat karena energi yang tersimpan sudah terbakar. Untuk mengisi kembali tempat penyimpanan energi, konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat sekaligus protein, seperti biskuit gandum.

Susu cokelat rendah lemak      

Jika sulit makan settelah berolahraga, American Council on Exercise menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan cair yang padat dan susu cokelat adalah pilihan terbaik karena mengandung air, protein, dan karbohidrat. Namun, kandungan gula dalam susu cokelat yang dikonsumsi harus diperhatikan, ya. Pilih saja susu cokelat rendah lemak yang lebih aman dan mudah ditemui di supermarket.

Ikan salmon

Jenis ikan dengan harga yang terbilang mahal ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Ikan berlemak diketahui memiliki kemampuan sebagai antiinflamasi. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Clinical Journal of Sports Medicine menunjukkan fakta bahwa asam lemak omega 3 juga bisa digunakan untuk meringankan nyeri setelah olahraga.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup