post image
Sepeda Brompton (Foto: Pixabay)
KOMENTAR

Beberapa tahun terakhir, bersepeda memang menjadi gaya hidup banyak orang, khususnya bagi mereka yang tinggal di wilayah perkotaan. Membangun pola hidup sehat, mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor, hingga mengurangi kemacetan menjadi alasan utama mereka yang mulai rutin menggowes sepeda. Bukan hanya di akhir pekan, tapi mulai banyak juga pekerja atau pelajar yang mengandalkan sepeda sebagai alat transportasi utamanya menuju kantor atau sekolah.

Tren bersepeda kian berkembang pesat di masa pandemi ini. Sekarang lebih banyak orang aktif bersepeda memenuhi jalan-jalan kota. Selain karena memiliki waktu luang di sela-sela work from home, bersepeda menjadi olahraga yang menyenangkan untuk membantu meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari berbegai virus, termasuk Covid-19. Ditambah lagi, jalanan belum terlalu ramai kendaraan, sehingga sangat cocok untuk bersepeda.

Kini sepeda menjadi salah satu benda yang paling diburu, dan tentu saja kondisi itu berpengaruh pada harga sepeda. Tidak perlu heran jika saat ini ada sepeda yang seharga mobil. Di Indonesia, sepeda dengan merek Brompton sedang menjadi primadona. Sepeda ini sangat diminati para “sultan” meskipun harganya mencapai puluhan juta rupiah. Tapi ternyata, masih ada banyak sepeda yang harganya jauh lebih mahal dibanding Brompton, 5 di anataranya adalah:

Trek Madone 7: Diamond

Dalam sebuah pelelangan sepeda, sepeda jenis Trek Madone 7 termasuk jajaran lima sepeda paling mahal di dunia. Sepeda ini berhasil terjual dengan harga USD75.000 atau setara dengan Rp1,087 miliar (kurs Rp14.500 per dolar AS). Harga fantatis ini disebabkan oleh lapisan emas kuning dan putih 14 karat dan tujuh berlian 1 karat yang melekat padanya.

Aurumania Crystal Edition Gold Bike

Sepeda ini menjadi salah satu sepeda termahal di dunia karena dibanderol dengan harga USD114.000 atau setara dengan Rp1,635 miliar (kurs Rp14.500 per dolar AS). Sepeda yang pertama kali dirilis pada tahun 2008 oleh perusahaan Skandinavia Aurumania ini dibuat dengan tangan dan dilapisi dengan emas 24 karat. Sadel kulitnya bermerek Brooks dan gagang setangnya terbuat dari kulit cokelat.

KAWS: Trek Madone

Sepeda termahal selanjutnya masih berasal dari Trek Madone namun kali ini bekerja sama dengan Livestrong Foundation yang aktif berjuang untuk para penderita kanker. Sepeda ini dilelang dalam rangka amal dan laku terjual dengan harga USD160.000 atau setara Rp2,43 miliar (kurs Rp14.500 per dolar AS).

Trek Yoshimoto Nara

Sepeda yangterbuat dari serat karbon ini berhasil terjual dalam pelelangan dengan harga USD200.000 atau setara Rp2,9 miliar (kurs Rp14.500 per dolar AS). Sepeda ini sebelumnya sering digunakan oleh Lance Armstrong di beberapa acara bersepeda ternama di dunia.

Trek Butterfly Madone

Label sepeda termahal di dunia dipegang oleh sepeda Trek Butterfly Madone. Sepeda karya Damien Hirst ini dilelang dalam acara amal bagi Lance Armstrong Foundation dan berhasil terjual dengan harga USD500.000 atau setara Rp7,25 miliar (kurs Rp14.500 per dolar AS).

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup