post image
Foto bersama setelah kegiatan SOL di Aula PSBJ Fakultas Ilmu dan Budaya Unpad sekitar tanggal 16 November 2016. (Sumber dokumentasi pribadi)
KOMENTAR

School Of Leader atau sering disingkat SOL adalah salah satu kegiatan pelatihan kepemimpinan dan manajerial yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Padjadjaran (BEM Kema Unpad) setiap tahun. Pelatihan SOL yang saya amati mencakup tiga jenis pelatihan dasar seperti soft skill, hard skill dan life skill.

Setiap tahun juga, SOL selalu diikuti oleh banyak peminat dari beragam jurusan dan fakultas. Namun, tetap ada proses seleksi supaya bisa ikut SOL. Dan inilah 5 jenis temen yang akan kamu temui kalau kamu ikut SOL.

1. Kamu akan ketemu temen-temen yang beragam.
Ini hal yang pasti menurut saya, karena di SOL kita akan bertemu temen-temen dengan fakultas, jurusan, karakter dan minat yang berbeda-beda.

2. Banyak juga kok temen yang soleh dan solehah atau rajin ibadah.
“Udah adzan nih, rapatnya dipending dulu bentar yuk!” Temen yang soleh, solehah atau rajin ibadah juga ga sedikit kok. Mereka akan selalu ngingetin kita buat salat dan ibadah. Ya sekalian istirahat bentar waktu suntuk rapat hehehe.

3. Lucu dan ngeselin.
Kadang ketika mendengar kata kepemimpinan, seaseolah-olah kata itu seperti kaku dan “berat”. Padahal di SOL yang ada malah kebalikannya. Banyak temen-temen SOL yang tingkahnya lucu dan ngeselin. Biasanya orang ini yang sering buat suasana rapat atau pertemuan menjadi lebih hidup. Makanya kalo meet up atau sekadar makan malam bareng suka banyak yang nanyain, “kok dia ga dateng sih?”

4. Ga sedikit juga anak SOL yang jadi ketua.
Sering banget kita lihat banyak temen-temen SOL yang jadi ketua atau dapet amanah. Entah di lembaga kemahasiswaan atau organisasi lain, baik yang ada dilingkungan internal kampus seperti jurusan, fakultas, UKM, atau universitas atau organisasi external kampus. Salah satu contohnya yaitu yang terpilih menjadi Ketua BEM Kema Unpad seperti Kang Aa Habib Baihaqi (FPIK 2011), Kang Novri Firmansyah (FKG 2013), Kang Izmu Tamami Roza (FIB 2014) dan Kang Imam Syahid (FEB 2015).

5. Temen yang ambisius.
Selalu ada aja temen yang ambisius, salah satunya di SOL. Mereka akan selalu menantang diri mereka menjadi lebih baik dengan ikut beragam kegiatan ataupun perlombaan. Ada yang pernah ikutan lomba karya tulis ilmiah, lomba debat, ada yang jadi mahasiswa berprestasi, yang ikutan pertukaran pelajar dan masih banyak kegiatan lainnya.

Sebenernya akan ada banyak jenis temen yang akan kita temuin kalau kita ikut SOL, tapi saya pilih 5 jenis temen yang paling familiar. Dan sebagai informasi tambahan, biasanya SOL akan memulai proses pendaftaran sekitar pertengahan tahun.

Namun, karena wabah Covid-19 mungkin bisa jadi akan ada penyesuaian waktu. Silakan konfirmasi ke Bem Kema Unpad untuk informasi lebih lanjut ya. Semoga bermanfaat guys!

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus