post image
Ilustrasi konseling psikologis (Foto: The Chelsea Psychology Clinic)
KOMENTAR

Pusat Konseling Universitas Padjadjaran (Unpad) telah diresmikan oleh Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti, secara daring pada Jumat, 17 Juli 2020. Pusat konseling ini merupakan langkah yang diambil Unpad untuk menyediakan layanan konseling bagi mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan yang butuh penanganan psikologis.

“Bagi mahasiswa, pusat konseling ini sangat penting untuk menghasilkan lulusan yang sehat jasmani dan rohani,” ujar Prof. Rina, dikutip dari laman resmi Unpad.

Tak dapat disangkal bahwa pandemi Covid-19 memunculkan kecemasan hingga stres. Mahasiswa pun tak luput dari hal tersebut. Oleh sebab itu, pusat konseling dihadirkan Unpad untuk menjadi wadah dalam memberikan layanan kepada mahasiswa yang menghadapi masalah akademik dan nonakademik. Pusat konseling ini diharapkan nantinya bisa menjadi teman bicara yang baik bagi mahasiswa Unpad.

Selain itu, untuk menguatkan peran konseling di lingkungan kampus, Prof. Rina pun mengingatkan kembali para dosen wali untuk terus memantau kondisi mahasiswanya. Hal ini dilakukan agar kondisi akademik atau masalah lain yang dihadapi mahasiswa bisa diatasi.

Melalui momen peresmian pusat konseling ini, Prof. Rina mengajak para dosen wali untuk menjadi tim konselor tingkat fakultas. Tim ini yang nantinya akan berkolaborasi dengan tim konseling yang ada di Pusat Konseling Unpad.

“Kami berharap betul pusat koseling ini tidak hanya membantu memberikan solusi terhadap masalah mahasiswa saat ini tetapi bisa membentuk karakter lulussan yang mudah mengambil keputusan,” ungkap Prof. Rina.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Psikologi Unpad, Hendriati Agustiani, mengatakan pusat konseling Unpad adalah unit di bawah universitas dan sudah beroperasi sejak September 2019 lalu. Beberapa program pun telah dilaksanakan, di antaranya adalah kelas konseling kecil hingga layanan konseling daring dan luring.

“Dalam kegiatan kelas-kelas kecil mengangkat tema permasalahan yang sering dihadapi mahasiswa. Support sharing group kita lakukan,” ujarnya.

Selama enam bulan sejak dijalankan, pusat konseling Unpad sudah menangani sekitar 150 kasus. Menurut Hendriati, kasus ini tidak hanya ditangani oleh tim konseling di pusat konseling Unpad namun juga oleh dosen wali dan tim konselor di fakultas.

Adapun tim konselor yang ada di pusat konseling Unpad di antaranya adalah psikolog yang juga merupakan dosen dan alumni Fakultas Psikologi Unpad, asisten psikolog, dan rujukan kepada dokter, psikiater, maupun profesi lain yang ada di Unpad.

Pusat konseling Unpad berada di kampus Unpad Jatinangor. Layanan konseling dibuka setiap hari Senin – Kamis pada pukul 9.00 – 15.30 WIB.

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus