post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

Halo Unpaders. Produk makanan dan Kosmetik yang kalian beli apakah sudah aman, halal, dan berkualitas? Berikut ini Hal yang harus diperhatikan saat akan membeli produk makanan dan kosmetik:

1. Cek kemasan

Cek kemasan secara visual, apakah terdapat cacat atau kebocoran pada kemasan atau tidak. Pastikan untuk memilih produk yang kemasannya baik agar kualitas makanan/kosmetik yang akan dibeli dapat terjaga. Selain itu harus dipastikan bahwa produk yang dibeli ialah produk asli, jangan tertipu dengan produk KW ya, karena kita tidak dapat menjamin keamanan produk tersebut. Dari tampilan visual kemasan biasanya dapat terlihat keaslian suatu produk.   

2. Cek Nomor Registrasi/Nomor izin edar/notifikasi kosmetik

Nomor registrasi produk penting untuk diperhatikan agar diketahui apakah produk yang dibeli sudah terdaftar di BPOM RI (Badan Pengawas Obat dan Makanan) atau belum. Apabila produk telah terdaftar, maka dapat dipastikan bahwa keamanan produk telah terjamin dan tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Cara untuk memastikan apakah produk telah mendapatkan izin edar atau belum, dapat kalian lihat pada laman: https://cekbpom.pom.go.id/

3. Cek Status Halal Produk

Cek kehalalan produk wajib dilakukan terutama bagi para umat muslim yang diharuskan untuk mengkonsumsi atau menggunakan produk yang halal. Untuk mengetahui status kehalalan produk dapat dilihat pada logo dikemasan kosmetik atau makanan. Untuk meyakinkan apakah produk tersebut benar-benar halal dapat juga di cek di laman MUI yaitu: https://www.halalmui.org/mui14/

4. Cek komposisi

Cek keamanan produk juga dapat kita lakukan dengan melihat komposisi pada bagian kemasan. Kita dapat melihat kandungan zat apa saja yang ada didalam makanan atau kosmetik yang akan kita gunakan. Jangan sampai produk kalian terdapat kandungan terlarang seperti Rhodamin B, Merkuri, hidrokuinon atau zat berbahaya lainnya.

Cek komposisi juga penting dilakukan untuk kalian yang memiliki alergi terhadap zat tertentu. Misalnya teman-teman alergi pada penganan yang mengandung kacang, akan berbahaya apabila tidak mengecek bagian komposisi produk terlebih dahulu, kalau alerginya kambuh kan gawat.

5. Cek Nilai Gizi untuk Produk Makanan

Untuk Unpaders, penting juga untuk kita mengecek kandungan nilai gizi pada bagian kemasan produk makanan yang akan kita konsumsi. Tentunya kita pasti ingin mengetahui nutrisi yang masuk kedalam tubuh, kalau  makanan atau minuman yang sering kita konsumsi ternyata kandungan gizi nya sangat rendah, kan sayang banget!

6. Cek Tanggal kadaluwarsa dan PAO (Periode After Opening)

Ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah produk masih layak konsumsi/layak guna atau tidak. Pastikan tanggal kadaluwarsa masih jauh dari tanggal saat kita membeli produk ya, apalagi untuk produk-produk yang akan dipakai berkali-kali atau dalam jangka waktu lama.

Untuk produk-produk tertentu terkadang disertakan juga Logo PAO. kalian bisa cek pada google dengan keywords \'Logo PAO\' atau \'Period After Opening\'. Apabila pada logo PAO tersebut tercantum "12M" artinya produk masih dapat digunakan dalam periode 12 bulan setelah kemasan dibuka. Tapi apabila tanggal kadaluwarsanya kurang dari periode tersebut, tetap merujuk pada tanggal kadaluwarsanya ya Unpaders!

Itu tadi hal-hal yang harus diperhatikan ketika membeli produk. SIngkatnya, untuk memastikan keamanan dan kualitas produk, Unpaders dapat Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, Kedaluwarsa) (BPOM, 2018).

semoga bermanfaat.

 

 

 

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup