post image
Roti adalah salah satu jenis makanan yang aman disimpan tanpa kulkas (Foto: Pixabay)
KOMENTAR

Menyimpan stok makanan tak bisa sembarangan. Kita dituntut untuk cerdas agar stok makanan yang kita simpan bisa bertahan lama dan kualitasnya tetap baik. Sayangnya, tidak semua orang memiliki lemari pendingin. Apalagi anak kos yang perabotnya serba terbatas sehingga harus berhati-hati dalam menyimpan cadangan makanan. Jika tak ingin repot, kalian bisa menyimpan makanan yang bisa awet tanpa kulkas. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang aman disimpan di luar kulkas.

Abon

Abon adalah salah satu lauk andalan anak kos. Olahan daging yang disuwir dan diberi bumbu ini sangat praktis dan mudah didapat. Penyimpanan abon pun sangat mudah karena kalian tidak harus menyediakan kulkas. Kalian bisa menuangkan abon ke dalam toples dan menyimpannya di tempat kering.

Roti tawar

Meski roti tawar kadaluarsa hanya dalam beberapa hari, makanan yang satu ini bisa jadi pilihan tepat jika kalian ingin menyimpan stok makanan yang tidak membutuhkan kulkas. Sebaiknya, beli roti tawar dalam jumlah secukupnya agar tidak kadaluwarsa sebelum habis. Pastikan juga roti tawar disimpan di wadah yang tertutup untuk mencegah bakteri.

Sereal

Bagi pecinta makanan manis, sereal tentu menjadi salah satu makanan favorit. Apalagi makanan yang disajikan dengan susu ini cukup mengenyangkan dan bisa dijadikan pilihan menu sarapan. Jika kalian ingin menyimpan sereal, pastikan wadahnya tertutup rapat agar tidak ada angin yang masuk dan sereal tetap crunchy saat dihidangkan.

Kornet

Kornet merupakan olahan daging cincang yang bisa menjadi teman makan roti atau nasi goreng. Selain cara memasaknya yang mudah, penyimpanan kornet juga mudah. Meski berupa olahan daging, kornet aman disimpan di luar kulkas namun sebaiknya diletakkan di tempat yang kering agar kornet tidak rusak.

Kopi

Suka minum kopi? Daripada setiap hari bolak-balik kedai kopi dan menguras kantong, lebih baik siapkan stok kopi di kosanmu. Bubuk atau biji kopi sebaiknya disimpan di suhu ruang. Kopi termasuk makanan yang sensitif dengan suhu sehingga jangan disimpan di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jika kopi disimpan di suhu yang tidak tepat, maka rasa dan kualitasnya akan berubah. Lebih baik lagi, simpan kopi dalam wadah yang rapat dan tidak terkena sinar matahari.

Untuk menyimpan makanan-makanan tersebut, kamu bisa menyiapkan rak khusus agar persediaan makananmu tidak tercecer dan lebih mudah disimpan. Tak perlu rak yang besar, cukup rak kecil agar tidak terlalu memakan ruangan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup