post image
Rutinitas padat sangat membutuhkan makanan sehat (Foto: Pixabay)
KOMENTAR

Jadwal yang menumpuk, tugas-tugas yang menjelang deadline, mengharuskan tubuh kita bekerja keras dari pagi hingga malam hari. Belum lagi pekerjaan rumah yang juga menyita waktu. Kesibukan seperti ini tentu menyulitkan kita untuk mengatur asupan makanan. Biasanya, kita hanya akan mengonsumsi makanan yang cepat dan mudah didapat agar tidak memakan banyak waktu.

Padahal, pola makan yang sehat justru sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang super sibuk. Asupan makanan sehat akan menunjang kekebalan tubuh, meningkatkan kinerja otak, dan menambah energi sehingga berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan maksimal. Dilansir dari Hello Sehat, berikut adalah beberapa tips untuk mengatur pola makan untuk orang-orang sibuk.

Kurangi konsumsi kopi

Terlalu banyak konsumsi kopi akan membuat tubuh dehidrasi dan membebani kerja organ hati. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengontrol asupan kopi. Usahakan untuk minum kopi tidak lebih dari 400 mg per hari agar tidak ada efek samping yang buruk. Sebagai alternatif, kamu bisa mengonsumsi teh herbal, seperti teh hijau yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Perbanyak minum air putih

Banyak minum air putih adalah wajib bagi setiap orang. Minimal, minumlah delapan gelas air putih dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk menjaga energi, menjaga kesehatan pencernaan, dan menjaga konsentrasi. Ketika kita dehidrasi, maka tubuh akan memberi sinyal yang keliru, seperti sensasi lapar.

Sarapan

Sarapan memang sangat penting untuk menopang energi dan membantu kita mengendalikan gula darah. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, hindari sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana dan gula. Beberapa jenis makanan yang sangat disarankan untuk disantap saat sarapan adalah oatmeal, nasi merah, buah, sayur, biji chia, kacang-kacangan, yoghurt, dan lain-lain.

Kurangi makanan kemasan

Makanan kemasan memang mudah didapat namun mengonsumi makanan kemasan dalam jangka panjang tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, makanan kemasan umumnya mengandung banyak gula, garam, pengawat, perasa buatan, pewarna buatan, dan lain-lain. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumi makanan yang segar. Daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayur adalah makanan segar dan sehat untuk tubuhmu. Gantilah makanan kemasan dengan jenis makanan segar tersebut untuk mendapatkan segudang manfaatnya.

Kurangi minuman beralkohol

Minuman beralkohol bisa membuat tubuh dehidrasi, mengganggu pola tidur, dan lain-lain. Alternatif minuman lain yang mirip dengan alkohol adalah virgin caesar, white wine spritzer, dan sparkling water. Sebaiknya perbanyak konsumsi minuman yang membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem imun, dan mendetoksifikasi racun.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup