post image
Ilustrasi.
KOMENTAR

Sebagian orang pasti pernah merasa jengkel dengan keadaan minyak di wajahnya. Meski minyak memiliki fungsi untuk melindungi kulit dan meminimalisir kerutan, namun jika kadarnya terlalu banyak justru akan menyebabkan kulit wajah tersumbat hingga memicu jerawat. Selain wajah terlihat kusam, ciri-ciri kulit berminyak juga ditandai dengan pori-pori yang tampak besar serta rentan terkena masalah kulit.

Maka dari itu, gunakanlah produk skincare yang dapat menahan produksi minyak berlebih. Berikut rekomendasi kandungan skincare untuk pemilik wajah berminyak :

Salicylic Acid

Salicylic Acid merupakan turunan dari Beta Hydroxy Acid (BHA) yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori. Unsur anti-inflamasi yang terdapat dalam kandungan ini juga cocok digunakan ketika jerawat sedang meradang.

Glycolic Acid

Kandungan ini merupakan senyawa dalam keluarga Alpha Hydroxyd Acid (AHA) yang berfungsi sebagai eksfoliasi, sehingga wajah akan tampak cerah, halus, dan produksi minyak berkurang.

Hyaluronic Acid

Meskipun dikenal dengan manfaatnya untuk melembapkan kulit, bukan berarti kulit berminyak tidak membutuhkan kandungan satu ini. Bahwasanya kulit berminyak bisa disebabkan oleh kurangnya hidrasi. Di sini lah Hyaluronic Acid berperan yakni menghidrasi wajah dengan kadar yang dibutuhkan kulit.

Niacinamide

Niacinamide merupakan bentuk dari Niacin atau B3  yang berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, dan menyamarkan kerutan halus di wajah. Kandungan satu ini biasanya ditemukan pada produk pembersih wajah, serum, dan pelembab.

Sulfur

Jika wajah kamu sensitif terhadap kandungan salicylic acid atau glycolic, kamu bisa menggantinya dengan produk yang megandung sulfur. Kandungan ini dapat mengurangi minyak berlebih dan menghempaskan sel kulit mati sehingga wajah tampak cerah sekaligus mulus.

Witch Hazel

Witch Hazel merupakan tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana. Dikenal dengan khasiatnya yang bagus untuk perawatan kulit, Witch Hazel dapat mengurangi produksi minyak juga meredakan infeksi pada kulit.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup