post image
Skincare sudah jadi rutinitas bagi banyak orang
KOMENTAR

Saat ini rutinitas skincare sudah menjadi trend sekaligus kebiasaan bagi banyak orang. Harga skincare pun bervariatif, mulai dari yang sangat bersahabat dengan dompet sampai harga puluhan juta yang setara dengan berlian. Untuk mengirit pengeluaran nggak jarang juga kebanyak orang akhirnya memilih untuk membuat skincare mereka sendiri alias DIY skincare. Tapi, hati-hati lho, sebelum coba-coba mencampur segala macam bahan yang informasinya kamu dapat dari internet pastikan lagi kalau bahan-bahan itu emang aman buat kulitmu. Kira-kira apa saja ya, bahan-bahan skincare DIY yang ternyata berbahaya? Simak di bawah ini.

1. Lemon

Siapa sangka buah yang sering banget direkomendasikan jadi skincare ini ternyata nggak boleh terlalu sering dioleskan langsung dengan kulit. Pasalnya, lemon bersifat asam kuat dengan pH2 yang akan bikin iritasi pada kulit dan mengganggu mantel asam kulit. Minyak yang terdapat dalam buah jeruk juga ternyata bersifat fototostik yang bisa menyebabkan ruam dan luka bakar kalau terpapar sinar matahari setelah diolesi ke wajah.

2. Soda kue

Pasti kamu sering banget dengar bahan satu ini sebagai campuran dalam skincare DIY. Tapi kamu harus tau kalau soda kue ternyata berbahaya buat kulit karena soda kue memiliki kandungan alkali dengan pH9 sementara kulit manusia mempunyai pH alami sekitar 4,5 sampai 5. Akibatnya kulit akan rusak dan mudah iritasi. Penggunaan jangka panjang juga berakibat membuat kulit nggak bisa lagi mengatur kelembapan kulit secara alami.

3. Hidrogen peroksida

Bahan yang dikenal sebagai antiseptik ringan untuk mencegah infeksi pada luka ringan atau luka bakar ini juga sering ditemui sebagai bahan skincare DIY. Sayangnya, penggunaan hidrogen peroksida secara berlebihan bisa bikin kulit jadi meradang dan terbakar. Selain itu, penggunaan jangka panjang bisa menurunkan kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan menghilangkan semua pelindung juga kelembapan kulit.

4. Gula

Bahan yang dikenal ampuh untuk eksfoliasi ini memiliki pinggiran yang terlalu kasar untuk bersentuhan dengan wajah dan berpotensi membuat robekan mikro pada kulit sehingga muncul iritasi dan peradangan. Tapi tenang saja, kamu tetap bisa menggunakan gula sebagai bahan eksfoliasi untuk bibir karena jaringan kulit pada bibir lebih kuat.

5. Pasta gigi

Katanya pasta gigi ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bintik hitam. Padahal faktamya pasta gigi justru memiliki kandungan peppermint, peroksida, alkohol, dan perfume yang bisa buat kulit jadi iritasi bahkan timbul luka bakar.

Udah tau kan bahan-bahan apa saja yang ternyata nggak cocok untuk skincare DIY? Jadi, daripada kulitmu malah rusak, kamu bisa coba cari bahan alami lainnya yang aman dan tetap nggak menggerus dompet.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup