post image
Ilustrasi pemakaian skincare.
KOMENTAR

Wajah merupakan salah satu anggota tubuh yang tidak boleh luput dari perawatan. Bagaimana tidak, dibandingkan anggota tubuh lainnya, wajah memiliki lapisan kulit yang lebih tipis dan sensitif. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar kesehatan wajah tetap terjaga yaitu dengan rutin menggunakan skincare. Pemakaian skincare sendiri tidak boleh sembarangan, sebaiknya sesuaikan produk skincare berdasarkan jenis kulit dan permasalahan wajah kamu. Jangan sampai wajah kamu berjerawat, tapi malah mengaplikaskan skincare dengan kandungan brightening, yang ada jerawat kamu akan meradang!

Untuk menghindari kesalahan, sebaiknya perhatikan hal-hal yang seharusnya kamu hindari saat memakai skincare berikut ini :

Mencuci muka terlalu sering

Mencuci muka memang baik dilakukan, namun jika berlebihan justru dapat memperparah kondisi wajah kamu. Perlu kamu ketahui, mencuci muka terlalu sering akan membuat kulit kering, kemerahan, bahkan mengelupas. Hal ini dikarenakan wajah kamu kehilangan minyak alami yang dibutuhkan kulit untuk mempertahankan kelembapannya. Maka dari itu, usahakan jangan mencuci muka lebih dari 2x, kecuali jika dalam kondisi yang terdesak.

Salah memilih produk skincare

Bagi orang yang masih awam dalam dunia perskincare-an, kesalahan satu ini sering sekali dilakukan. Biasanya orang-orang akan membeli produk skincare yang sedang naik daun dan banyak dibicarakan, padahal sebenarnya kulit mereka tidak membutuhkan semua produk tersebut. Akibatnya, skincare yang seharusnya bekerja sesuai klaim di bungkus produknya, malah merusak wajah karena tidak sesuai jenis kulit. Maka dari itu, sebelum membeli produk skincare, alangkah baiknya cari tahu terlebih dulu jenis kulit wajah kamu. Apakah kamu pemilik wajah kering, berminyak, atau kombinasi? Jika wajah kamu kering, hindari sabun muka yang terlalu berbusa.

Dosis skincare terlalu banyak

Mungkin di antara kamu pernah menggunakan skincare dengan dosis yang terlalu banyak, entah karena kamu tidak tahu atau memang sengaja agar produk lebih cepat bekerja. Jika pernah, sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan ini. Gunakanlah skincare secukupnya sesuai takaran yang direkomendasikan.

  • Untuk pelembab, gunakan seukuran biji jagung
  • Untuk sabun muka, toner, dan masker, gunakan seukuran anggur
  • Untuk eye cream dan serum, gunakan seukuran beras

Mengeksfoliasi kulit berlebihan

Eksfoliasi kulit sangat penting dilakukan untuk mengangkat sel kulit, namun jika berlebihan tentu manfaatnya tidak akan bekerja dengan baik. Memakai eksfoliasi terlalu sering dapat mengakibatkan wajah iritasi, kemerahan, bahkan peradangan kulit. Fatalnya lagi jika skin barrier kamu sampai rusak. Oleh karena itu, cukup gunakan eksfoliasi 1-2x seminggu.

Melewatkan Penggunaan Sunscreen

Sunscreen memiliki fungsi sebagai pelindung kulit wajah dari paparan sinar matahari. Jika kamu melewatkan sunscreen dalam rangkaian skincare routine, jangan heran apabila muncul kerutan halus dan flek hitam di wajah. Maka dari itu, aplikasikan sunscreen secara rutin ketika berada di luar ruangan maupun dalam ruangan. Oleskan sunscreen setiap dua hingga tiga jam sekali agar manfaatnya tetap terjaga.

Itulah beberapa kesalahan memakai skincare yang masih sering dilakukan oleh sebagian orang. Mulai sekarang, hindari empat kebiasaan di atas agar produk skincare kamu dapat bekerja dengan maksimal.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup