post image
Ilustrasi.
KOMENTAR

Mobil merupakan salah satu transportasi yang diminati banyak orang. Berbeda dengan motor, kendaraan roda empat ini akan melindungi kamu dari berbagai cuaca. Selain itu, mobil juga dapat memuat empat hingga delapan orang penumpang. Seiring berkembangnya zaman, variasi mobil semakin beragam.

Banyak produsen yang memproduksi mobil dengan spesifikasi lebih canggih dan modern. Harganya yang tergolong mahal membuat sebagian orang berpikir dua kali untuk membelinya. Untuk merawat mobil agar mesin awet dan tahan lama, perhatikan beberapa hal berikut ini:

Bahan Bakar

Dalam merawat mobil, kamu harus memilih bahan bakar yang tepat sesuai nilai oktan yang ditentukan pabrik. Semakin tinggi nilai oktan, maka semakin lambat bahan bakar minyak terbakar. Hal ini bertujuan agar mesin mobil tidak meninggalkan sisa pembakaran yang dapat mengganggu kinerjanya.

Ganti Oli Mobil

Oli berfungsi sebagai pelumas mesin agar mengurangi gesekan dalam mesin. Dengan mengganti oli sesuai dengan waktu yang ditentukan maka akan menjaga kinerja oli. Jika mesin kekurangan oli, oli filter akan tersumbat sehingga mengotori mesin mobil. Kekurangan oli pun berpotensi merusak mesin mobil secara permanen. Selain oli mesin, kamu juga harus rutin mengganti oli filter.

Isi Air Radiator

Radiator merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah mobil. Fungsinya sendiri yaitu sebagai pendingin suhu mesin. Periksalah radiator sesering mungkin, jangan biarkan radiator kekurangan air karena dapat merusak mesin mobil.

Cek Cairan Penting Mobil

Mobil memiliki beberapa cairan untuk mendukung kinerja mesin. Seperti air aki, minyak rem, air wiper, minyak power steering, oli gardan, dan oli transmisi. Periksalah secara berkala agar cairan-cairan tersebut dapat bekerja dengan baik dan tidak merusak mesin mobil.

Cek Timing Belt, Busi, Lampu, dan Signal

Mengecek keempat komponen tersebut diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan. Jika terjadi kegagalan fungsi, akan ada tanda-tanda yang menginformasikan. Gantilah timing belt, busi, lampu, dan signal-signal sesuai yang disarankan bengkel.

Panaskan Mobil dan Cek Kelengkapan

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan dalam merawat mobil yaitu rutin memanaskan mobil pada pagi hari. Jangan lupa cek kondisi ban serta kelengkapan mobil. Hal ini dilakukan untuk memastikan mobil dalam keadaan baik-baik saja dan tidak perlu diperbaiki. Itulah keenam cara merawat mobil agar tidak mudah rusak. Lakukan secara rutin agar ketahanan dan kualitas mobil terjaga.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup