post image
Ilustrasi bekerja sebagai digital nomad./Go Seek Explore
KOMENTAR

Bagi mereka yang menekuni gaya hidup digital nomad, bekerja di pinggir kolam renang di Bali dan esoknya bekerja sambil makan siang di tepi pantai di Lombok bukan suatu hal yang mustahil. Para digital nomad bekerja dari jarak jauh dengan gaya hidup yang nomaden alias banyak berpergian ke berbagai tempat.

Ada banyak tips dan trik yang berguna bagi para digital nomad. Salah satunya adalah mencari pekerjaan yang cocok dengan keahlianmu. Sebisa mungkin, kemampuan yang kamu miliki cukup untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Untuk membantu menelaah potensi yang kamu miliki, berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa dilakoni digital nomad:

Developer aplikasi atau situs

Pekerjaan sebagai developer aplikasi atau situs merupakan pekerjaan di balik layar yang hanya membutuhkan sedikit interaksi dengan klien. Komunikasi pun bisa dilakukan secara digital sehingga tidak membutuhkan pertemuan tatap muka. Oleh sebab itu, pekerjaan ini bisa dilakukan dari mana saja asalkan ada koneksi internet dan gawai yang dibutuhkan.

Jika kamu tidak memiliki pengalaman atau skill yang relevan, kamu bisa mencari sekolah coding online yang akan membantumu membangun skill sekaligus memberikan kesempatan untuk melamar kerja sebagai developer aplikasi atau situs. Upah untuk pekerjaan ini pun biasanya cukup menggiurkan, loh.

Wirausaha e-commerce

Sebagai pebisnis online, kamu hanya membutuhkan laptop atau handphone untuk mengelola dan memasarkan produk-produkmu. Jika belum memiliki karyawan yang membantumu mengemas dan mengirim pesanan pembeli, kamu bisa mencoba metode drop shipping. Tugasmu hanya memasarkan produk, sementara pemasok yang akan mengirimkan barang ke pembeli.

Pastikan pemasok yang bekerjasama denganmu dapat dipercaya. Meski kamu tidak bisa memeriksa langsung kualitas dan kondisi produk yang kamu pasarkan, pemasok harus memberikan informasi yang detail dan jujur  agar para pembeli tidak merasa tertipu.

Digital marketing

Digital marketing memiliki tujuan meningkatkan traffic online untuk klien. Kamu bisa mengasah kemampuanmu di bidang SEO, marketing afiliasi, atau traffic bayaran. Semakin bagus hasil kerjamu, maka akan semakin banyak klien yang tertarik untuk membayar jasamu. Bisa jadi kamu pun mendapatkan proyek tetap yang juga berarti penghasilan tetap.

Graphic designer

Segala sesuatu yang didesain secara grafis, bisa dikerjakan di belakang layar komputer. Untuk terjun ke dunia ini, kamu butuh kreativitas, portofolio yang menjanjikan, dan skill menggunakan berbagai tools untuk desain. Sama seperti digital marketing, semakin bagus hasil desain yang dikerjakan, maka klien akan menaruh kepercayaan lebih pada skill yang kamu miliki.

Penulis atau jurnalis lepas

Kamu bisa menjadi penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media online sambil membiayai kehidupanmu sebagai digital nomad. Agar lebih spesifik, sebaiknya fokuskan bidang yang ingin kamu tekuni, seperti SEO writer, generalist writer, technical writer, copy writer, dan lain-lain.

Sebagai pekerjaan di balik layar komputer, penulis lepas pun bisa bekerja dari mana saja. Komunikasi dengan klien atau tim editorial bisa dilakukan secara digital dan tetap berjalan efektif. Jika ditekuni, pekerjaan ini bisa menghasilkan keuntungan materi yang cukup karena kemampuannya banyak dibutuhkan di era digital.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup