post image
Ilustrasi bekerja. PIXABAY/StockSnap
KOMENTAR

Pandemi Covid-19 dan berbagai kabar buruk yang mengiringinya kerap membuat suasana hati yang buruk hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari.

Menjalani pekerjaan dengan mood yang buruk tentu akan berimbas pada produktivitas. Seiring waktu, motivasi bekerja akan menurun sehingga produktivitas pun rendah.

Hal demikian tidak bisa dibiarkan karena akan sangat menjebak. Dikutip dari National Geographic Indonesia, berikut adalah 4 tips tingkatkan motivasi kerja di masa pandemi:

Meminta feedback

Mengetahui sejauh mana kontribusimu di tempat kerja mampu meningkatkan semangat dan motivasi bekerja.

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah meminta saran dan evaluasi dari rekan kerja atau pimpinan.

Memahami target dan tugas yang menjadi tanggungjawab di tempat kerja mampu mengembalikan motivasi yang menurun.

Turut merayakan keberhasilan orang lain

Ketika merasa kekurangan inspirasi dan motivasi, kamu harus mencari jalan keluar dari kondisi tersebut. Salah satunya adalah mengembangkan pikiran positif.

Kamu bisa ikut merayakan keberhasilan yang dicapai teman, rekan kerja, atau keluargamu. Beri hadiah atau pujian sederhana sudah cukup untuk ikut merayakan kebahagiaan

Cara berpikir positif ini akan menguatkan hubungan personal sekaligus memberikan kepuasan pada diri sendiri.

Berani berkata “tidak”

Saat merasa kehilangan motivasi bekerja, seseorang justru cenderung akan menerima pekerjaan apapun yang diberikan kepadanya.

Padahal, hal ini hanya akan membuatnya burnout dan semakin kehilangan semangat untuk bekerja. Sebaliknya, berani berkata “tidak” untuk sesuatu yang tidak disuka atau yang bukan menjadi tanggungjawab akan meningkatkan kesejahteraan mental.

Perlu diingat bahwa mengatakan “tidak” kepada apapun yang tidak disukai merupakan cara lain untuk berkat “iya” kepada hal-hal yang sebenarnya ingin kamu lakukan.

Istirahat sejenak

Istirahat sejenak adalah salah satu solusi terbaik saat merasa lelah dengan pekerjaan. Istirahat akan membuatmu kembali segar dan memperbaiki suasana hati.

Sebuah studi dari Harvard College mengatakan, 94 persen pekerja yang mengambil liburan mengaku bahwa mereka memiliki energi lebih banyak setelahnya.

Tak perlu berlibur ke luar kota, kamu bisa mengambil cuti beberapa hari untuk menenangkan pikiran. Melakukan hal-hal yang disuka selama cuti pun bisa menjadi “obat” dari segala macam lelah yang dialami.

Itulah empat tips meningkatkan motivasi kerja di masa pandemi. Lakukan yang menurutmu tepat dan bisa membantumu keluar dari kondisi yang menjebak.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup