post image
Ilustrasi social distancing (Foto: Ahmad Ardity/Pixabay)
KOMENTAR

Selama vaksin virus corona belum ditemukan, setiap individu diminta untuk menerapkan protokol kesehatan demi menjaga keselamatan bersama. Meski demikian, menjalankan protokol kesehatan tidak semudah yang dibayangkan. Kondisi pekerjaan yang berbeda-beda, sumber daya yang tidak sama, membuat tidak semua orang bisa dengan mudah menerapkan protokol kesehatan.

Terkait hal ini, Forbes telah melakukan pengamatan dan menyimpulkan beberapa imbauan yang sulit diterapkan selama pandemi Covid-19:

Berada di Rumah

Bagi orang yang memiliki rumah yang luas atau memiliki beberapa rumah, tidak sulit untuk menerapkan imbauan tetap tinggal di rumah sekaligus melakukan social distancing. Bagi orang yang memiliki rumah sempit dengan banyak penghuni, tentu memiliki cerita yang berbeda.

Isolasi diri

Mengisolasi diri mengharuskan kita untuk tidak berinteraksi dengan orang lain. Hal ini tentu tidak mudah dilakukan bagi orang yang setiap harinya harus dirawat atau bagi yang harus merawat orang lain. “Isolasi mungkin berisiko tinggi bagi banyak lansia atau situasi perumahan mungkin mebuat sangat mustahil bagi orang untuk mengasingkan diri,” ujar Richard Besser, Presiden dan CEO Robert Wood Johnson Foundation (RWJF).

Tidak Pergi Bekerja

Work from home tidak bisa dilakoni oleh semua orang. Orang yang bekerja mengemasi makanan atau mengantarkan barang tentu tidak bisa bekerja dari rumah. Jika memiliki pekerjaan yang memungkinkan untuk tetap tinggal di rumah, kamu pun harus memiliki fasilitas seperti koneksi internet.

4. Bekerja dengan syarat

Menurut Besser, bisnis yang kembali beroperasi di tengah pandemi tetap memunculkan risiko buruk karena banyak orang yang dipaksa untuk memilih antara uang dan kesehatan. “Bagaimana jika tempat kerja Anda tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat atau tidak menawarkan sumber daya untuk tetap aman?” ujarnya.

Sekolah dari Rumah

Sekolah dari rumah menuntut orang tua untuk menyediakan fasilitas seperti gawai dan koneksi internet, memberi dukungan sosial, emosional, dan layanan lainnya. Bagaimana jika orangtua tidak memiliki sumber daya dan waktu yang cukup untuk hal-hal tersebut?

Menghubungi Dokter

Besser mengatakan, sebelum pandemi Covid-19, sebanyak 28 juta orang Amerika tidak mempunyai asuransi kesehatan. Dengan demikian, mereka tidak benar-benar memiliki dokter untuk dihubungi dan mendapat akses perawatan yang baik selama pandemi.

Tidak Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum memang baik untuk lingkungan namun di masa pandemi, angkutan umum memungkinkan kontak dengan banyak orang dan hal tersebut dinilai cukup meembahayakan. Sementara itu, larangan menggunakan transportasi umum pun tidak bisa diterapkan karena banyak orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Menghindari Pertemuan Massal

Mengenai hal ini, Besser menyoroti aksi protes rasisme yang beberapa waktu lalu marak digelar di berbagai negara. Menurut Besser, aksi protes memang sangat penting namun setiap individunya harus tetap menjaga kesehatan dan mengurangi risiko dengan menjaga jarak dan mencuci tangan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup