post image
Kuliah sambil bekerja butuh tenaga dan pikiran ekstra (Foto: Forbes)
KOMENTAR

Menjalankan kuliah sekaligus kerja memang butuh tenaga dan pikiran yang ekstra. Walaupun tantangannya lebih besar, kuliah sambil kerja bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Tidak sedikit dari mereka yang sukses merampungkan studi tanpa mengganggu pekerjaan yang dilakoni. Jika ditanya rahasianya, tentu salah satu jawabannya adalah manajemen waktu yang baik. Berikut adalah tips mengatur waktu agar kuliah dan kerja bisa tetap berjalan lancar.

Buat jadwal harian

Sebelum tidur, sempatkan untuk membuat daftar pekerjaan atau tugas yang akan dikerjakan esok hari. Hal ini penting agar tidak ada tugas yang terabaikan dan semua tugas bisa diselesaikan tepat waktu. Kamu pun bisa menyelesaikan rutinitas dengan lebih teratur dan disiplin dengan jadwal harian ini.

Buat skala prioritas

Membuat skala prioritas juga tidak kalah penting. Kamu harus tau tugas mana yang harus dirampungkan terlebih dahulu. Jika ada tugas yang tidak terlalu mendesak, kamu bisa menundanya dan gunakan waktumu untuk mengerjakan tugas yang mendesak.

Pintar memanfaatkan waktu senggang

Memutuskan untuk kuliah sekaligus kerja berarti kamu sudah ikhlas jika waktu senggangmu semakin berkurang. Sebab itu, kamu harus pintar dalam memanfaatkannya. Gunakan waktu luang ini untuk istirahat sejenak atau melakukan hal-hal yang kamu suka. Menonton film, membaca beberapa lembar halaman buku, atau sekadar menikmati kopi di kedai favoritmu tentu bisa sedikit membuat rileks di tengah-tengah kepadatan rutinitas.

Manfaatkan teknologi

Katanya, teknologi kian dikembangkan untuk membantu pekerjaan manusia. Kamu harus membuktikan pernyataan ini dengan memanfaatkan teknologi secara optimal untuk urusan kuliah dan kerja. Misal, meminta file materi perkuliahan pada dosen untuk belajar di luar perkuliahan, melakukan rapat secara daring dengan rekan kerja, dan lain-lain.

Nikmati akhir pekan

Akhir pekan ketika tidak ada tugas kuliah atau pekerjaan yang memburu, itulah saatnya kamu menikmati waktumu. Jika ingin menenangkan tubuh dan pikiran, kamu bisa memilih untuk memperbanyak istirahat di akhir pekan. Bisa juga berkumpul dengan teman-teman, melakukan hal yang kalian suka, dan makan di restauran andalan kalian. Olahraga atau melakukan hobi juga opsi yang mengasyikkan. Sebisa mungkin hindari mengerjakan tugas kuliah dan kantor selama akhir pekan, ya.

Menyelesaikan tanggungjawabmu sebagai mahasiswa dan pekerja memang suatu keharusan namun menjaga agar tubuh dan mentalmu tetap sehat juga penting. Jangan sampai kuliah dan kerja malah menjadi beban untukmu.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup