post image
band asal Bandung yang mengguncang dunia. (Pinterest)
KOMENTAR

Selain kuliner, Bandung juga diberkahi oleh orang-orangnya yang kreatif. Banyak musisi dari Bandung yang berhasil berkarier di industri musik luar negeri. Lirik lagu yang sarat makna, pembawaan musik yang khas hingga memiliki citarasa tersendiri, adalah modal utama mereka berkarya. Penggunaan bahasa Inggris dalam lirik lagu mereka hanyalah media, pengantar yang universal agar karyanya bisa dinikmati banyak orang.

Berikut 5 band asal Bandung yang memiliki karyanya sanggup menembus industri musik luar negeri dan memiliki banyak penggemar.

The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T adalah sebuah band lawas yang dibentuk pada tahun 90-an. The S.I.G.I.T memiliki 4 personil, yakni Rekti pada vokal dan gitar,  Farri pada gitar,  Acil pada drum, dan Adit pada Bass. Band ini berkarya memakai bahasa Inggris pada kebanyakan lagunya yang menjadi alasan  The S.I.G.I.T banyak menggelar konsernya di luar negeri.

Aksi panggung bersama dengan Dallas Crane di tahun 2007, membuat The S.I.G.I.T berhasil menjadi headline beberapa media musik Australia. Sedangkan pada tahun 2009, mereka juga pernah manggung di SXSW, Austin, Amerika Serikat dan band yang sudah meluncurkan album kedua mereka yakni Detourn ini juga pernah beberapa kali manggung pada Home Club Singapura.

Mocca

Mocca adalah band asal Bandung yang memiliki genre musik pop-jazz dan nuansa suasana 60-an jadi ciri band asal Bandung ini. Dengan lagu-lagu berbahasa Inggris, Mocca mampu menembus industri musik di luar negeri. Tak heran jika Mocca memilki penggemar dan karier yang cukup baik di Asia dan Eropa. Salah satu perusahaan rekaman di Jepang mengontrak Mocca untuk memasukan satu lagu dalam album besutan mereka, juga ada iklan di Korea yang menggunakan lagu Mocca dan sangat disukai.

Burgerkill

Burgerkill adalah band asal Bandung yang mampu menembus industri musik dunia, meskipun dengan musik underground. Burgerkill pernah mencicipi dapur rekaman major label di Indonesia. Tahun 2009 lalu, Burgerkill sudah menggelar konser mereka di sebuah pagelaran besar di Australis yakni “Soundwave”.

Walaupun telah bergonta-ganti personil, Burgerkill berhasil menorehkan prestasi dengan memenangkan penghargaan pada ajang bergengsi, yakni “Golden Gods Awards 2013”. Pada ajang ini, Burgerkill berhasil mengalahkan beberapa nama besar seperti Pussy Riot, Jason Newsted, Sea Sheperd serta Nergal dalam kategori Metal As F*ck.

Sementara itu, pada tahun 2015,  band yang terkenal dengan lagu “Tiga Titik Hitam”, “Atur Aku” serta “Penjara Batin” tersebut juga turut manggung di Festival Wacken Open Air 2015, Jerman serta pada Bloodstock Outdoor Heavy Metal Festival 2015 di Inggris.

Jeruji

Jeruji adalah band asal Bandung yang telah membuktikan prestasi mereka dengan menggelar konser dengan tajuk "Jeruji 20th Anniversary of European Tour”. Dalam tur yang diselenggarakan tersebut, Jeruji menggelar konser di 9 negara selama 20 hari yakni di Polandia, Ceko, Perancis, Slovakia, Swiss, Belanda, Belgia, Jerman serta Austria. Band bergenre musik punk ini banyak mendapatkan apresiasi, salah satunya dari Ridwan Kamil.

Bottlesmoker

Bottlesmoker hanya memiliki 2 personal saja yakni Anggung Kuy Kay dan Ryan Nobie. Bottlesmoker sudah cukup banyak menyedot perhatian dari par penikmat musik asal luar negeri dan sudah menjalankan tur pertama mereka di tahun 2009 berupa konser mini di Malaysia.

Pada tahun 2010, band ini juga pernah manggung pada acara bergengsi yakni Asian Festival di Filipina. Pada tahun yang sama, Bottlesmoker berhasil menduduki peringkat pertama di kompetisi musik indie Asia Pasifik atau Asia Pasific Voice Independet Music Awards  dalam kategori “Best Electro/Dance Act”.

Demikian 5 band asal Bandung yang sukses mendunia. Karier dan prestasi mereka harus kita apresiasi.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup