post image
Berkebun memiliki banyak manfaat baik (Foto: Sahabat Nestle)
KOMENTAR

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa berkebun memiliki banyak manfaat, bukan hanya untuk lingkungan secara umum, tapi juga untuk kesehatan fisik dan mental orang yang melakukannya. Itu sebabnya, banyak pihak mulai merekomendasikan kegiatan berkebun untuk membantu masyarakat khususnya yang tinggal di perkotaan dalam menjaga kesehatannya.

Selama ini berkebun dianggap banyak orang sebagai kegiatan para orang tua, padahal kegiatan ini bisa dilakukan siapa saja tanpa pandang usia. Justru melihat fenomena saat ini, banyak anak muda mengalami gangguan kesehatan fisik dan mental, membuat kegiatan berkebun sangat direkomendasikan bagi para anak muda agar mereka berhenti sejenak dalam mengejar dunia yang serba cepat.

Melansir National Geographic, dari sekian banyak manfaat berkebun, berikut ini beberapa di antaranya:

Membantu lebih rileks

berkebun merupakan salah satu kegiatan terbaik untuk bersantai, berhenti sejenak dari berbagai kesibukan sehari-hari, dan upaya menenangkan pikiran. Bahkan menurut penelitian, berkebun dapat membantu mengatasi gejala depresi dan kecemasan.

Jika dalam kegiatan sehari-hari kita lebih sering berjibaku dengan gadget, daftar pekerjaan, jalanan yang semrawut, harapan yang tak kunjung tercapai, berkebun akan membantu kita melepaskan semua beban itu sejenak dan memberikan kesempatan kita untuk kembali bersatu dengan alam dan mengisi ulang energi positif di dalam diri.

Memperbaiki kualitas udara

Masih banyak yang berpendapat bahwa tidak baik menyimpan tanaman di dalam rumah, karena akan berdampak buruk bagi pernapasan manusia yang tinggal di rumah tersebut. Pendapat ini memang ada benarnya, namun tidak sepenuhnya tepat. Ada banyak jenis tanaman yang cocok disimpan di dalam ruangan, bukan hanya untuk mempercantik, tapi juga untuk memperbaiki kualitas udara di sekitarnya.

Selain itu, beberapa penelitian pun membuktikan bahwa menyimpan tanaman di dalam ruangan dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi. Namun jika kamu baru mau memulainya, pelajari terlebih dulu tanaman yang bisa tumbuh baik dalam pencahayaan dan suhu ruangan.

Membuat tubuh tetap bugar

Memang benar jika ada yang mengatakan kegiatan berkebun adalah kegiatan yang lambat, namun bukan berarti berkebun tidak membutuhkan banyak gerak tubuh. Justru kegiatan berkebun membuat pegiatnya tetap aktif  bergerak meski dalam kondisi yang santai. Kegiatan ini pun disebut-sebut sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penggunaan keterampilan motorik.

Berkebun pun bermanfaat bagi peregangan otot yang berdampak baik pada keseimbangan tubuh. Hal ini terlihat dari beberapa gerakan yang sering digunakan yaitu berdiri, membungkuk, atau berlutut ketika menyiram, menanam bibit, atau kegiatan berkebun lainnya.

Mengonsumsi makanan sehat

Bagi orang yang giat berkebun, mengamati tanaman tumbuh hingga menghasilkan buah atau sayuran siap konsumsi adalah kegiatan menyenangkan. Tapi siapa sangka, kondisi itu secara tidak sadar akan mempengaruhi cara pandangnya terhadap makanan.

Biasanya orang yang berkebun dan mengonsumsi hasil kebunnya akan mulai beralih ke makanan-makanan yang lebih sehat, mulai menambah variasi makanannya, mulai terbiasa menyiapkan hidangan sehat buatan sendiri, dan mulai lebih menghargai makanan. Tentu saja perubahan ini akan berpengaruh baik terhadap kesehatan fisik juga mentalnya.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup