post image
https://twitter.com/WHO/status/1261973685793161217
KOMENTAR

Halo unpaders! semenjak #dirumahaja masih suka olahraga atau bergerak aktif ngga nih? atau jangan-jangan rebahan terus di kasur dan main games seharian? sebaiknya atur waktu sebisa mungkin supaya tetap bergerak aktif juga ya!

Kita harus ingat bahwa penting untuk melakukan istirahat sejenak dari duduk atau rebahan dengan melakukan 3-4 menit gerakan fisik intensitas ringan, contohnya seperti berjalan atau meregangkan tubuh. Hal tersebut dapat membantu meringankan otot serta meningkatkan sirkulasi darah dan aktivitas otot.

Aktivitas fisik yang teratur sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Beberapa manfaatnya ialah dapat mengurangi tekanan darah tinggi, membantu mengelola berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan berbagai penyakit kanker serta semua kondisi yang dapat meningkatkan kerentanan terhadap COVID-19.

Berikut ini beberapa tips yang dapat kalian praktikkan di rumah agar tetap aktif dan sehat :

  1. Mengikuti kelas olahraga online

Sekarang ini banyak kelas-kelas online yang dapat kalian ikuti dari rumah. Tidak selamanya depan laptop itu buruk bagi kesehatan kan? kalau digunakan untuk hal bermanfaat seperti ini, alhasil akan semakin sehat dan segar.

Di youtube pun sekarang sudah banyak chanel tentang olahraga yang bisa kalian praktikkan gerakannya dirumah. Berikut ini beberapa contoh chanel atau website yang bisa membuat kalian aktif bergerak!

https://www.nhs.uk/conditions/nhs-fitness-studio/?tabname=aerobic-exercise

https://www.youtube.com/user/walkathomemedia

https://www.youtube.com/channel/UCwjRtYeHwmzKBPoIMax7StQ (Youtube: SKWAD Fitness)

2. Menari

Dari pada terus menerus nonton dance video di Youtube, kenapa tidak untuk ikut mempraktikkannya juga? lebih sehat dan pastinya bakal puas banget kalau kita bisa dengan lancar mengikuti gerakannya. Kalian bisa tinggal search ‘’dance tutorial” di Youtube atau bagi yang suka musik-musik barat, kalian juga bisa ikuti gerakan dance dari chanel berikut ini:

https://www.youtube.com/user/TheFitnessMarshall  

3. Bermain “active video games

Senengnya main games sambil duduk depan laptop? iya seru sih tapi kalau terlalu lama akan berdampak buruk bagi kesehatan. Mending kita coba sensasi main game yang lebih menantang dan menyehatkan yaitu dengan “active video games”. Sambil merasakan keseruan main games, badan kita pun akan aktif bergerak dan tentunya akan menyehatkan dan bikin segar!

4. Lompat tali

Dari pada nonton tv seharian sambil rebahan, mending diselingi dengan bermain lompat tali, yuk ambil tali skipping dan mulai melompat! dengan bergerak aktif apalagi sampai berkeringat, tubuh akan terasa segar. Kalian bisa mengawalinya dengan melakukan kegiatan pemanasan ya!

5. Melatih kekuatan otot serta keseimbangan

Seperti apa sih contoh latihan keseimbangan itu? Berikut ini merupakan contoh latihan keseimbangan :

  • Berdiri dengan berat badan bertumpu pada satu kaki, kaki lainnya diangkat ke samping atau kearah belakang
  • Letakkan tumit tepat di depan kaki, dan lakukan gerakan seperti berjalan di atas tali
  • Melakukan gerakan berdiri lalu duduk dari kursi secara bergantian tanpa menggunakan tangan
  • Berjalan sambil bergantian mengangkat lutut dengan setiap langkah
  • Melakukan tai chi atau yoga

Kalian juga bisa search “balance workout at home” atau bisa klik link di bawah ini  untuk mempraktikkannya dirumah, yuk lakukan!

https://www.healthline.com/health/exercises-for-balance#exercise-for-seniors

https://www.youtube.com/watch?v=AT_Eon4STrw (Youtube : Yoga with Kassandra)

Itu tadi tips-tips supaya tetap aktif bergerak dirumah. Oiya, olahraga memang menyehatkan, tapi jangan lupa untuk sesuaikan juga dengan kondisi fisik kalian ya, pilih olahraga yang aman dan jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter sebelum berolahraga apabila kalian memiliki kondisi sakit punggung atau cidera lainnya!

Referensi :

https://www.who.int/news-room/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome---physical-activity

https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/balance-training

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup