post image
Ilustrasi teh. /PIXABAY/congerdesign
KOMENTAR

Teh merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Di antaranya adalah mencegah stroke, kerusakan gigi, dan arthritis.

Tak hanya itu, teh juga mampu menurunkan berat badan. Para peneliti menunjukkan, teh mengandung zat yang dapat melawan penyerapan lemak.

Berikut adalah 5 jenis teh untuk turunkan berat badan:

Teh mint

Daun mint bisa digunakan untuk membuat teh yang segar. Caranya, seduh satu sendok daun mint kering dengan air panas. Diamkan empat menit sebelum diminum.

Jika ingin menambahkan rasa manis, bisa menggunakan madu sebagai tambahan. Teh mint ini tetap nikmat diminum hangat maupun dingin.

Salah satu manfaat dari teh mint adalah melancarkan pencernaan dan membantu pembakaran kalori.

Teh hijau

Sebuah studi menyatakan, kandungan teh hijau berupa EGCG dapat mempercepat metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh yang baik dan lancar akan berdampak positif pada penurunan berat badan. Adapun teh hijau mampu membakar 70 kalori dalam sehari.

Selain itu, mengonsumsi teh hijau juga bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh yang sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Teh oolong

Studi mengungkapkan, teh oolong memiliki efek yang lebih kuat dibandingkan teh hijau. Teh oolong mampu mengurangi kolesterol dan konsentrasi lemak dalam tubuh.

Bukan hanya itu, teh oolong juga dapat membantu pembakaran kolesterol, sebagaimana khasiat teh hijau.

Untuk mendapatkan manfaat optimal, peneliti menyarankan untuk mengonsumsi dua gelas teh oolong per hari.

Teh putih

Teh putih merupakan jenis teh yang harus dikeringkan secara langsung dengan sinar matahari. Tak heran jika pemrosesan teh putih lebih lama jika dibandingkan dengan jenis teh lain.

Teh putih memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi. Bahkan, kandungan antioksidan dalam teh putih tiga kali lipat lebih banyak dari teh hijau.

Studi yang dipublikasikan di Jurnal Nutrition and Metabolism menjelaskan, teh putih juga bisa meningkatkan pemecahan lemak dan menghalangi pembentukan sel lemak.

Teh mawar

Terakhir, ada teh mawarr yang dibuat dengan mencampurkan bunga mawar segar dengan pucuk teh.

Tidak hanya berkhasiat untuk membuang racun dalam tubuh dan merawat kulit, teh mawar juga mengandung banyak nutrisi.

Kandungan nutrisi vitamin A, B3, C, D, dan E yang ada dalam teh mawar mampu melawan infeksi. Kandungan ini pun mampu mencegah konstipasi dan membantu mengurangi berat badan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup