post image
Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan.
KOMENTAR

Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) Irawati Hermawan, sempat menjelaskan program-program unggulan IKA Unpad, salah satunya yaitu, pembentukan Halal Center.

Tujuan dari program ini salah satunya yaitu untuk memastikan kehalalan setiap produk yang dikonsumsi masyarakat.

"Rencana awal IKA Unpad membentuk Halal Center adalah untuk mengumpulkan dana wakaf, infak, dan zakat dari para alumni dan mendistribusikannya kepada para alumni dan masyarakat yang membutuhkan," kata Ketum IKA Unpad yang akrab disapa Teh Ira itu, sebagaimana dikutip dari Rmol.id, Jumat, 30 Oktober 2020.

"Namun demikian, ternyata Unpad telah memiliki unit mengenai hal ini (Unit Penyaluran Zakat atau UPZ), sehingga saya berpandangan IKA Unpad tidak perlu melakukan 'reinventing the wheel'," sambungnya.

Hal ini diketahui Teh Ira usai menggelar webinar pertama IKA Unpada dengan tajuk "Peranan Alumni Unpad Dalam Peningkatan Literasi Wakaf Dan Jaminan Produk Halal Di Masyarakat" pada Kamis, 29 Oktober 2020.

Dalam seminar tersebut, diketahui juga kalau Halal Center Unpad pernah sukses melaksanakan International Conference on Halal pada 2016.

"Sehubungan dengan hal ini, IKA Unpad akan mengolaborasikan Halal Center Unpad dan Halal Center IKA Unpad dalam penyelenggaraan International Conference on Halal 2020. Hal ini telah saya laporkan kepada Bu Rektor dan beliau menyetujui usulan di atas,"  tutur Teh Ira.

Kolaborasi lain yang akan dilakukan adalah menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan Sertifikat Halal dan tata laksana self declare halal bagi para pelaku UMKM. Khususnya UMKM di Jawa Barat.

Lebih lanjut, Teh Ira mengatakan, posisi IKA Unpad adalah untuk memberikan dukungan kepada UPZ dalam pengumpulan zakat, infak, dan wakaf. Penyetoran pertama akan dilakukan dalam waktu dekat pada saat peluncuran Halal Center IKA Unpad.

Terkait hal itu, IKA Unpad meminta Kepala Halal Center Unpad, Adang Tsauri, untuk mengusulkan dan mendiskusikan dengan pihak UPZ Unpad mengenai waktu launching yang tepat.

Di mana launching Halal Center akan dilakukan berbarengan dengan penandatanganan kerja sama antara Halal Center IKA Unpad dengan Halal Center Unpad dan penyetoran dana zakat pertama.

Tak hanya itu, IKA Unpad juga akan mendorong Pemerintah Daerah dan/atau Pemerintah Provinsi untuk membentuk Halal Park di Jawa Barat. Halal Park ini nantinya fokus kepada sektor-sektor unggulan Jawa Barat yaitu food, fashion, dan cosmetics.

"Center for Public Policy Analysis (IKA Unpad) dimohon untuk melakukan kajian terkait dengan hal ini untuk memberikan pandangan mengenai feasibility dari usulan yang diajukan," kata Teh Ira.

Tak lupa, Teh Ira pun mengucapkan apresiasi kepada Halal Center Unpad yang membantu terselenggaranya Webinar IKA Unpad pada hari ini. Terlebih pembicara yang ada pun sangat relevan dengan materi yang menarik. 

"Terima kasih Akang Teteh para pembicara, pengurus, dan alumni yang telah hadir dan berpartisipasi aktif di acara webinar." ujar Ketum IKA Unpad itu.

KOMENTAR ANDA

IKA Unpad di Puncak Sibayak

Sebelumnya

Ketua ICCIA: Hadapi Pandemi Covid-19, Tak Ada Ruang untuk Pesimis

Berikutnya

Artikel Aktual