post image
Ada berbagai jenis pembalut yang bisa digunakan
KOMENTAR

Setiap perempuan yang sudah puber pasti akrab dengan pembalut setiap bulannya. Tapi tau nggak sih, kalau ternyata pembalut yang umumnya dipakai perempuan itu ternyata bisa menjadi penyebab kanker rahim dan juga menjadi salah satu penyumbang sampah terbanyak di dunia. Nah, di bawah ini ada tiga rekomendasi jenis pembalut lain yang bisa kamu coba.

1. Tampon

Meskipun berbahan sama seperti pembalut biasa, tampon memiliki kelebihan dilengkapi dengan gel dan obat anti kram saat menstruasi. Berbeda dengan pembalut biasa, tampon diletakkan di dalam vagina, berdekatan dengan mulut rahim. Menggunakan tampon nggak serumit dan sesakit yang dibanyangkan, kok. Karena tampon berada di dalam vagina, kamu akan lebih bebas bergerak dan bisa melakukan kegiatan tanpa hambatan. Tapi jangan lupa, kamu tetap harus rutin mengganti tampon sekitar 4 jam sekali, seperti kamu mengganti pembalut biasa.

2. Menstrual Pad

Kalau kamu lebih nyaman dengan bentuk pembalut yang biasa tapi nggak mau menyumbang sampah pembalut untuk bumi kita, kamu bisa pakai jenis pembalut yang satu ini. Dibuat dengan bahan dasar kain lembut (microfiber) dengan lapisan luar berbahan polyster, kamu dijamin nggak akan mengalami tembus. Pembalut satu ini juga dilengkapi kancing yang berfungsi sebagai perekat seperti pembalut biasa. Meskipun menstrual pad sangat ramah lingkungan dan lebih aman, tetap ada kekurangannya, lho. Kamu harus mau meluangkan waktu untuk mencuci menstrual pad sampai sangat bersih biar terhindar dari kuman. Harganya juga jauh lebih mahal dari pembalut umumnya, tapi tetap bisa dipakai berkali-kali.

3. Menstrual Cup

Jenis pembalut yang satu ini memang lebih mirip tampon dari pada pembalut biasa. Dengan bentuk yang menyerupai corong dan berbahan dasar karet silikon, kamu bisa memasukkan menstrual cup ke dalam vaginamu untuk menampung darah menstruasi tanpa perlu takut resiko tembus atau basah. Kamu bisa menggunakan menstrual cup selama delapan jam sebelum harus dicuci dan bisa digunakan lagi. Menstrual cup juga termasuk pembalut ramah lingkungan yang bisa dipakai berulang kali.

 

Lalu, setelah membaca referensi jenis pembalut lain yang lebih aman dan ramah lingkungan, kira-kira yang mana nih yang pingin kamu coba?

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup