post image
Ada berbagai masalah kulit yang dapat terjadi akibat stress
KOMENTAR

Kesehatan mental sangat berpengaruh pada kesehatan fisik. Berbagai penyakit mulai dari masalah pencernaan, gangguan makan, sampai kesulitan tidur bisa muncul karena stress. Bahkan stress yang berkepanjangan juga dapat menjadi faktor pemicu munculnya masalah kulit seperti jerawat. Namun, selain jerawat ternyata stress juga bisa menjadi penyebab penyakit kulit lainnya seperti di bawah ini, lho.

1. Utikaria

Utikaria atau yang biasa disebut biduran lazimnya terjadi karena faktor panas, udara dingin, atau angin. Tapi, biduran juga ternyata bisa muncul karena stress. Ketika stress tubuh akan mengeluarkan zat neuropeptida yang menyebabkan tubuh jadi lebih sensitif dan memungkinkan timbulnya bentol kemerahan yang terasa gatal.

2. Psoriasis

Kalau di kulit tiba-tiba muncul bercak kemerahan yang bikin gatal dan bersisik bisa jadi itu adalah psoriasis. Psoriasis bisa terjadi apabila kekebalan tubuh melemah dan stress merupakan salah satu faktor yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh jadi turun.

3. Neurodermatitis

Neurodermatitis atau dalam bahasa latin disebut lichen simplex chronicus bisa muncul karena adanya peradangan pada kulit. Nah, salah satu yang bisa bikin kulit mengalami peradangan adalah stress. Neurodermatitis biasanya ditandai dengan bercak kulit yang rasanya gatal, kalau sudah muncul gejalanya jangan digaruk karena bisa-bisa bakal semakin terasa gatal.

4. Dermatitis atopik

Sama seperti neurodermatitis, dermatitis atopik juga muncul karena peradangan pada kulit. Ingat, stress bisa memicu peradangan kulit. Dermatitis atopik akan muncul dengan gejalakulit terasa gatal, kulit menjadi berwarna kemerahan, dan kulit menjadi terasa kering. Ingat untuk tidak menggaruk karena akan semakin memperparah peradangan kulit.

5. Ketombe dan rambut rontok

Siapa sangka kalau stress bisa bikin kulit kepala jadi berketombe dan rambut jadi rontok. Faktanya stress menyebabkan kulit kepala jadi memproduksi minyak berlebih dan bikin bersisik. Kalau sudah gitu otomatis rambut akan jadi berketombe. Selain muncul ketombe, stress juga bisa bikin rambut jadi rontok.

 

Tadi adalah lima penyakit kulit yang terjadi akibat stress. Supaya nggak mengalaminya ingat untuk selalu menjaga kesehatan fisik dan mental biar nggak mudah stress karena kesehatan psikis berpengaruh pada kesehatan fisik dan sebaliknya.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup