post image
Insecure bisa berdampak kurang baik bagi setiap orang. /Net
KOMENTAR

Hampir semua orang mungkin pernah mengalami yang namanya insecure, yaitu keadaan seseorang merasa tidak percaya diri atas potensi yang dimilikinya. Akibatnya, timbul perasaan tidak aman seperti rasa malu, takut, gelisah, dan kekurangan.

Insecure kedengarannya sah-sah saja sebagai bentuk ekspresi negatif manusia, namun jika terus dipelihara tentu akan berakibat fatal. Bukan hanya menghambat aktivitas sehari-hari, perasaan tidak aman yang dibiarkan pun dapat menganggu kesehatan mental. Maka dari itu, terapkan beberapa tips berikut untuk menghindari rasa insecure yang berlebihan :

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah cara yang tepat untuk mengevaluasi diri. Alih-alih termotivasi, beberapa orang justru merasa rendah diri dan kurang puas atas kemampuan yang dimilikinya. Mengagumi seseorang boleh saja, namun bukan berarti kamu harus berubah menjadi ‘dia’ dengan mengenyampingkan kepribadian sendiri.

Perlu digarisbawahi bahwasanya setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Orang lain lebih cantik, bukan berarti kamu buruk. Orang lain lebih pintar, bukan berarti kamu bodoh. Carilah keunikan dalam versimu sendiri tanpa mengikuti standar orang lain. Dengan begitu, kamu dapat terbebas dari perasaan insecure.

Tinggalkan teman toxic yang membuatmu insecure

Jika tidak bisa memberi semangat dan motivasi, setidaknya jangan melontarkan kalimat negatif yang dapat menyakiti hati seseorang. Teman yang toxic berlaku sebaliknya, dia kerap menjatuhkanmu dengan komentar yang tidak membangun. Alih-alih mendapat energi positif, kamu justru akan terus merasa insecure dan overthinking setiap kali berada di dekatnya.

Sebaiknya hindari orang-orang yang memiliki perilaku tersebut. Berdampingan dengan teman yang toxic tidak akan membuat hidupmu menjadi lebih baik, melainkan sebaliknya.

Bangun kepercayaan diri dengan melakukan langkah kecil

Menghilangkan rasa insecure tidak semudah membalikkan telapak tangan, ada banyak rintangan yang harus kita lalui agar pondasi kepercayaan diri terbangun kokoh. Jika hambatan timbul dari dirimu sendiri, mulailah menerima diri sepenuhnya sebagai bentuk self love. Tidak peduli seberapa banyak kekuranganmu, ingatlah bahwa manusia bukan tempatnya sempurna. Memiliki kekurangan tidak akan membuat dirimu rendah.

Habiskan waktu dengan teman yang menghargai keberadaanmu

Curhat merupakan salah satu cara melepaskan masalah yang menumpuk di pundakmu. Teman yang suportif akan memahamimu dan memberikan afeksi positif ketika kamu berkeluh kesah. Mereka bahkan tak akan segan membantumu bangkit dari perasaan insecure. Maka dari itu, jangan sia-siakan keberadaan mereka di sampingmu.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup