post image
Bunga Mawar. /Pixabay/RoonZ-nl
KOMENTAR

Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, mawar juga menjadi bunga yang banyak ditemukan. Mustahil sekali, jika ada seseorang yang tidak mengetahui bunga cantik ini.

Bahkan banyak media yang menyebutkan bahwa bunga mawar merupakan bunga paling terkenal daripada bunga-bunga lainnya karena kecantikannya.

Mawar juga dikagumi banyak atas aroma dan kecantikan rupa. Ia kerap diberikan sebagai hadiah atau pun ungkapan cinta dan rasa kagum pada seseorang.

Namun, tahukah kamu bahwa selain sebagai simbol cinta dan kecantikan, mawar sebenarnya memiliki banyak manfataan bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan berbagai macam manfaat mawar sebagaimana dilansir dari situs DokterSehat.

Antioksidan

Siapa sangka, bunga mawar memiliki kandungan vitami dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan Vitamin E dan C pada bunga mawar dapat menjadi antioksidan yang berguna menangkal radikal bebas. Hal tersebut juga dicerminkan mawar dimanfaatkan dalam dunia kecantikan.

Antiseptik

Mawar sebenarnya dapat dijadikan sebagai antiseptik untuk membersihkan luka. Hal tersebut dapat dilakukan karena mawar dipercaya dapat membantu mengurangi pendarahan pada luka sobekan. Mawar  juga dapat mencegah infeksi yang mungkin terjadi pada luka.

Melancarkan Menstruasi

Mawar juga dipercaya dapat merangsang hormon untuk memicu menstruasi. Selain itu, bunga ini juga diyakini dapat meredakan mual, kram, dan kelelahan saat menstruasi dan juga  sindrom pasca-menopause.

Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Mawar bisa dipilih sebagai solusi untuk seseorang yang dalam kondisi infeksi saluran kemih. Mawar mengandug sifat antibakterial yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Meningkatkan Sistem Imun

Mawar merupakan bunga yang antioksidannya tinggi.Antioksidan menbantu mencegah infeksi. Dikutip dari situs DokteSehat,  mawar secara tidak langsung membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Mengatasi Masalah pada Kulit

Mawar memiliki sifat anti peradangan. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dalamduniakecantikan. Dengan sifat tersebut, mawar dapat dimanfaatkan oleh orang yangmemiliki masalah pada kulit, baik yang memiliki jenis kulit berjewarat atau sensitif.

Selain itu, mawar juga dipercaya dapat mengatasi peradanngan kuli akibat kondisi luaran, misalnya eksim. Bunga cantik ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pelembab kulit. Selain manfaat-manfaat tersebut sebenarnya masih banyak khasiat bunga mawar lainnya.

Pemanfaatan bunga mawar dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya mawar dapat berupa air mawar yang digunakan pada kulit dan wajah, dapat digunakan secara langsung pada luka robek, atau bahkan seseorang dapat meminum teh mawar yang saat ini sudah banyak ditemukan.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup