post image
Ilustrasi air banjir menggenang di ruangan rumah.
KOMENTAR

Banjir merupakan permasalahan yang umum terjadi di lingkungan masyarakat saat hujan turun. Penyebabnya pun bermacam-macam, entah karena saluran drainase tersumbat, sampah berserakan, bahkan resapan air yang kurang optimal akibat minimnya pohon.

Agar rumah kamu tidak terendam oleh genangan air hujan, sebaiknya ikuti beberapa tips mencegah banjir berikut ini :

Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang sampah sembarangan masih menjadi kebiasaan sebagian masyarakat. Tanpa mereka sadari, kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan terjadinya banjir akibat aliran air terhambat. Maka dari itu, buanglah sampah pada tempat yang seharusnya. Kamu bisa menggunakan jasa pembuangan sampah untuk menampung sampah yang sudah menumpuk.

Membuat Saluran Air

Membuat saluran air merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya banjir. Tentukan terlebih dulu ke mana air akan dibuang, jangan sampai saluran air yang dibuat terhubung ke sungai yang buntu atau sungai mati. Sebaiknya hubungkan pada sungai yang memiliki aliran air lancar dan terhubung langsung ke laut. Sistem drainase yang tak sempurna akan membuat air hujan lebih mudah menggenang ketika hujan datang, dari situlah awal mula banjir terjadi.

Menanam Pohon di Sekitar Rumah

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya banjir adalah menanam pohon di sekitar rumah. Tanamlah pohon yang dapat bertumbuh besar. Hal ini karena pohon yang besar memiliki akar-akar yang kuat sehingga menciptakan rongga-rongga tanah yang baik juga. Kedua hal tersebut dapat membuat air akan cepat diserap oleh akar dan penyerapan air ke tanah lebih optimal.

Menciptakan Green Open Space

Green Open Space merupakan kawasan khusus menanam pohon di daerah perkotaan yang berada jauh dari hutan. Tempat ini bertujuan agar penyerapan air dapat bekerja secara maksimal. Kamu bisa mengusulkan pembangunan Green Open Space di daerah tempat tinggal karena memiliki dampak yang sangat besar di masa mendatang.

Mendirikan Kontruksi Pencegah Banjir

Selain Green Open Space, mendirikan kontruksi pencegah banjir juga merupakan solusi yang tepat untuk mencegah banjir. Bangunlah kontruksi yang dapat menampung kubik air yang banyak, selanjutnya air tersebut akan dialirkan ke laut sehingga air tidak akan mengalir ke pemukiman penduduk. Bendungan dan waduk merupakan kontruksi yang tepat sebagai media pencegahan banjir.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup